Loading...

Senin, 25 Juli 2016

loading...

Pelaksanaan Tes Tahap Pertama Program Kuliah Gratis

    Senin, Juli 25, 2016   No comments

Ilustrasi
PALEMBANG, SriwijayaAktual.com - Program Kuliah Gratis (PKG) yang digagas Pemprov Sumatera Selatan bertujuan memberikan peluang kepada siswa Sumsel untuk melanjutkan pendidikan. Siswa bahkan bisa menempuh pendidikan di universitas ternama di Indonesia maupun luar negeri.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Widodo melalui Kepala Seksi SMK dan Perguruan Tinggi Disdik Sumsel Erlina mengatakan, pada pelaksanaan PKG, mereka melakukan kerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta. Pada pelaksanaan pertama ini diikuti oleh 46 peserta, yang berasal dari berbagai SMK negeri di Sumsel.
“Kita ada kriteria yang harus dilengkapi dan ditaati oleh calon siswa yang mengikuti PKG, yaitu berasal dari keluarga tidak mampu yang dibuktikan surat keterangan dari lurah dan diketahui oleh camat. Berprestasi dengan dibuktikan adanya piagam penghargaan dan bagi laki-laki dilarang merokok,” kata Erlina pada pelaksanaan tes PKG di SMKN 5 Palembang, Minggu (24/7/2016).
Ia menjelaskan, untuk di Sumsel sendiri saat ini hanya ada tiga universitas yang jadi penyelenggara PKG tersebut, yakni Universitas Sriwijaya (Unsri), Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah, dan Politeknik Sriwijaya (Polsri). Sebab pihaknya saat ini hanya fokus pada perguruan tinggi negeri saja.
“Total ada 11 universitas yang sudah dilakukan kerja sama, yakni Unsri, Polsri, UIN Raden Fatah, Sekolah Tinggi Parawisata (STP) Sahid Jakarta, UNY, STEM Kaamigas Cepu dan lainnya di Tiongkok dan Jepang,” ujarnya.
Dia menjelaskan, jumlah kuota mahasiswa yang akan mendapatkan PKG tersebut belum bisa dipastikan. Pasalnya, dari 58 jurusan yang diperlukan tersebut akan berbeda kuotanya, ada yang 12 dan ada juga lebih.
“Setelah mereka selesai melaksanakan beberapa tahapannya tersebut dan dinyatakan lulus, maka semuanya akan dibiayai oleh pihak pemerintah selama proses pendidikannya,” bebernya.
Sementara itu, salah satu panitia penerimaan mahasiswa melalui seleksi mandiri jalur tertulis UNY Wagiran mengatakan, pada dasarnya pelaksanaan tes yang akan dilalui oleh calon siswa yang mengikuti PKG tersebut sama halnya yang dilakukan oleh calon siswa pada umumnya. Akan tetapi, bagi siswa yang memilih jurusan seni dan olahraga akan melakukan terapi tambahan, yakni uji keterampilan sesuai dengan jurusan yang mereka pilih.
“Dari jumlah pendaftar ini akan kami lakukan perankingan dan akan diambil peringkat 12 saja. Karena itu jumlah yang kita perlukan sesuai dengan kerja sama yang telah dilakukan,” pungkasnya. (adk/BP)
loading...

About Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
loading...