Loading...

Sabtu, 30 Juli 2016

loading...

Wapres JK: Serahkan Kerusuhan Tanjung Balai ke Polisi dan Ka.BIN Sebut Kejadian di Tanjungbalai itu Bersifat Spontanitas Saja

    Sabtu, Juli 30, 2016   No comments


PARAPAT-SIMALUNGUN-SUMATERA UTARA, SriwijayaAktual.com  –  Wakil Presiden M. Jusuf Kalla (JK) menyatakan bentrok antar warga yang mengakibatkan kerusakan sejumlah rumah ibadah di Tanjungbalai, Sumatera Utara, harus diserahkan urusannya kepada polisi.

“Serahkan penanganan pada polisi,” kata Wapres, sesaat hendak meningalkan lokasi acara Musyawarah Masyarakat Adat Batak di kawasan pantai bebas Parapat, Sumatera Utara, Sabtu (30/7/2016).

Sementara itu, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso menyakini kerusuhan di Kota Tanjungbalai tidak akan menyebar atau merembet ke daerah lain.
“Keyakinan tidak merembet ke daerah lain, antara lain mengacu pada kejadian di Tanjungbalai itu yang bersifat spontanitas,” kata Sutiyoso di Parapat, Sumatera Utara, Sabtu (30/7/2016).

ceos Tanjungbalai
Pembakaran Tempat Ibadah Non Muslim (Ist)
Kerusuhan, menurut dia, bukan karena ada masalah gesekan suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) sebelumnya, tetapi hanya spontanitas akibat ada protes terkait adzan masjid yang dinilai terlalu kuat oleh seorang warga etnis Tionghoa.

Sutiyoso menyampaikan hal itu saat ditanya wartawan usai acara pembukaan Musyawarah Masyarakat Adat Batak dan Rapat Kerja Nasional Punguan Simbolon Dahot Boruna di Parapat, Simalungun, Sumatera Utara.
Selain itu, Sutiyoso juga berkeyakinan kerusuhan tidak akan merembet ke daerah lain karena aparat keamanan sudah bisa menangani kasus secara baik.

Pihak kepolisian, dinilainya, sudah punya pengalaman penanganan terhadap kejadian serupa yang terjadi, seperti di Papua.
“Dengan pengalaman serupa yang sudah pernah terjadi di Papua, BIN yakin kerusuhan sudah bisa ditangani dengan baik,” ungkapnya. (Udin/ak).

loading...

About Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
loading...