Loading...

Kamis, 18 Agustus 2016

loading...

71 Tahun Indonesia Merdeka, 130 Desa di Jambi Belum Pernah Teraliri Listrik

    Kamis, Agustus 18, 2016   No comments

Loading...
Listrik Belum Masuk Desa (Ilustrasi)
JAMBI, SriwijayaAktual.com  – Sudah 71 tahun Indonesia merdeka. Tapi sejumlah masalah masih belum terselesaikan, bahkan kini banyak masalah baru yang muncul. Salah satunya masalah listrik.

Hingga saat ini, dari total 1.426 desa yang ada seluruh wilayah Provinsi Jambi, 130 desa diantaranya belum pernah teraliri listrik. Jumlah ini seperti dikatakan Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN, Amir Rosidin.

Menurut dia, PLN sendiri menargetkan di Tahun 2021 nanti sudah tidak ada lagi desa yang tidak teraliri listrik di Provinsi Jambi.

"Jambi sebenarnya dayanya cukup, karena bebannya sudah 250 megawatt, tapi kita akan membangun transmisi lagi di sejumlah wilayah di Provinsi Jambi," katanya.

Saat ini, lanjut Amir, dalam waktu dekat pihaknya akan menambah sebesar 300 megawatt untuk Provinsi Jambi yang akan didatangkan melalui jalur di wilayah Bayung Lincir.

"Tanggal 12 September nanti akan beroperasi 150 megawatt, nanti akan menyusul lagi 150 megawatt," katanya.

Untuk pembangunan transmisi itu dipastikan akan menemukan beberapa kendala, satu diantaranya masalah pembebasan lahan.

"Kita berharap Pemerintah Kabupaten khususnya Pemerintah Provinsi Jambi bisa mensupport program kerja kita agar semuanya bisa berjalan lancar," Tandasnya Amir.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Zumi Zola menyebut, bahwa sekitar 300 titik wilayah yang ada di 11 kabupaten/kota akan dibebaskan lahannya untuk pembangunan listrik tersebut.

"Kita akan bentuk tim Satgas, nanti di dalamnya ada Pemprov Jambi, Pemkab dan Pemkot di 11 kabupaten/kota dan pihak kepolisian dan TNI serta pihak PLN untuk menangani permasalahan ini," kata Zola."seperti dilansir Metro Jambi (17/8/2016).

Selanjutnya, Zola mengatakan, pembentukan Satgas dalam waktu dekat ini untuk mengejar target yang ditetapkan oleh pihak PLN.

"Nanti ada kajiannya secara hukum berapa nilai lahan masyarakat untuk kita beli, tentu tidak sembarang kita menetapkan harganya," katanya.

Ia juga berharap, Bupati dan Walikota se-Provinsi Jambi bisa mensupport program yang dilakukan pihak PLN saat ini guna untuk masyarakat yang sebelumnya belum mendapatkan listrik.

"Dua minggu lagi akan kita buat satgasnya. Saya mohon seluruh kepala daerah bisa mensupport," pungkasnya. (*).



"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...