Loading...

Sabtu, 27 Agustus 2016

loading...

AMPUN !!! ... Sejak Awal Tahun 2016 Hingga Saat Ini, 3.218 Hektare Hutan di Riau Terbakar

    Sabtu, Agustus 27, 2016   No comments

(Ilustrasi)
JAKARTA, SriwijayaAktual.com  - Kebakaran hutan dan lahan masih terjadi di beberapa titik di Riau. Pantauan udara dari pesawat Air Tractor dan helikopter water bombing BNPB, kebakaran hutan dan lahan terjadi di Kabupaten Siak, Dumai, Bengkalis, Rokan Hilir, Kampar dan Rokan Hulu. 

Asap tebal juga masih terlihat mengepul di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Kandis Kabupaten Siak, Kecamatan Berangkat, Kabupaten Dumai. Kemudian Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis; Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir; dan Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu.

Kepala Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menerangkan, kondisi udara dengan kategori sedang hingga sangat tidak sehat terjadi di Kabupaten Bengkalis. Kabut asap terpantau tadi pagi sekira pukul 07.00 WIB, Sabtu (27/8/2016). 

“Pengukuran kualitas udara di Duri Field Kabupaten Bengkalis menunjukkan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) 287 psi yang berarti Sangat Tidak Sehat. Batas ISPU Sangat Tidak Sehat adalah 200 – 299 psi,” terang Sutopo dalam keterangan resminya, Sabtu (27/8/2016). 

Sutopo juga menjelaskan, arah angin masih bergerak dari barat ke timur sehingga asap menyeberang Selat Malaka hingga sampai ke sebagian wilayah di Singapura dan Malaysia. Kualitas udara mulai membaik di Singapura. 
“Kondisinya lebih baik dari kemarin, tidak kondisi udara yang tidak sehat,” tambah Sutopo. 

Saat ini pemerintah Indonesia terus mengintensifkan pencegahan dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Riau. Bahkan dalam upaya pemadaman kebakaran di Riau,Kepala BNPB, Willem Rampangilei, memimpin langsung operasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Riau tersebut. 


Dalam upaya pemadaman itu, BNPB mengerahkan beberapa armada, antara lain: 4 helikopter water bombing, 2 pesawat Air Tractor water bombing dan 1 pesawat Casa hujan buatan. Total 7.200 personil tim satgas gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, Damkar, relawan dan karyawan perusahaan bersama-sama melakukan pemadaman di Riau. 

“Pemerintah akan terus all out mengerahkan sumber daya nasional untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan,” jelas Willem Rampangilei. 

Sampai saat ini total luas lahan terbakar di Riau sejak Januari mencapai 3.218 hektare. Enam provinsi saat ini sudah menetapkan Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan, itu artinya secara terus menerus BNPB akan melakukan pencegahan dan pemadaman. (*).


Sumber, Inilah.com
loading...

About Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
loading...