Loading...

Rabu, 17 Agustus 2016

loading...

Arkeolog Nyatakan, Batu Tersusun Rapi di Bukit Pajangan Adalah Situs Geologi

    Rabu, Agustus 17, 2016   No comments

Loading...
Struktur Batu Tersusun di Desa Sidomulyo
PURWOREJO-JATENG, SriwijayaAktual.com  - Batu bersusun unik di lereng Bukit Pajangan Dusun Makemdowo Desa Sidomulyo Kecamatan/Kabupaten Purworejo dinyatakan bukan temuan arkeologi. Batuan itu diduga kuat adalah situs geologi yang terbentuk karena proses alam.

Arkeolog dan geolog Balai Arkeolog Yogyakarta dan Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah melakukan pengamatan serta penelitian awal di Bukit Pajangan. "Kami melakukan langkah awal menindaklanjuti informasi dan laporan terkait temuan konfigurasi batu unik di Sidomulyo," ujar Sugeng Riyanto, arkeolog Balai Arkeologi Yogyakarta usai penelitian, Rabu (17/08/2016).

Tim peneliti mengecek lokasi susunan batu tersebut. Geolog meneliti dan mengambil sampel batu jenis andesit. Sementara arkeolog mengamati bentuk batu dan mencari artefak yang bisa mendukung pendapat bahwa struktur itu adalah candi atau peninggalan purbakala.

Dalam penelusuran itu, para arkeolog tidak menemukan benda peninggalan budaya masyarakat masa lalu dari sekitar lokasi batuan. "Bahkan sampai ke bawah dan sungai di sekitar lokasi batu bersusun, melakukan penggalian kecil, ternyata tidak menemukan benda arkeologi," tuturnya.

Geolog BPCB Prambanan Kartika mengatakan, berdasar pengamatan lapangan, susunan batu itu diduga struktur 'columnar joint' atau kekar kolom. Struktur itu merupakan bentukan alam sebagai dampak aktivitas vulkanik jutaan tahun lalu.


Geolog lain, Sofan Nurwidi mengemukakan, kekar kolom terbentuk dari aliran lava letusan gunung berapi yang mengalir ke permukaan tanah. Kemudian terjadi pendinginan dan proses itu berlangsung cepat sehingga terjadi retakan dan patahan.

"Biasanya terbentuk datar, namun di Bukit Pajangan arahnya mendaki, diduga karena aktivitas tektonik. Literatur yang kami pelajari diantaranya Bukit Menoreh itu memang terbentuk dari pengangkatan," terangnya.

Fenomena serupa, lanjutnya, ada di Karangsambung Kebumen dan kawasan Gunung Padang Cianjur. "Tersingkapnya kekar kolom di Sidomulyo merupakan fenomena yang unik, menarik untuk dikaji pada ahli geologi," ucapnya. (*).


Sumber, KRjogja
"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...