Loading...

Rabu, 24 Agustus 2016

loading...

BNPB: Enam Provinsi Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan, Termasuk Sumsel

    Rabu, Agustus 24, 2016   No comments

Loading...
Kebakaran Hutan (Ilust/Ist).
JAKARTA, SriwijayaAktual.com  – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi pada September akan menjadi puncak jumlah hotspot (titik panas) kebakaran hutan dan lahan.
 
“Periode hotspot terbanyak dari karhutla (kebakaran hutan dan lahan) di Sumatera dan Kalimantan selama Agustus hingga Oktober dengan puncak September,” kata Kepala Pusat Data dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Selasa (23/8/2016).

Sutopo mengatakan enam provinsi telah menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Keenamnya adalah Provinsi Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.
“Gubernur Kalimantan Barat bahkan telah menyiapkan perpanjangan masa siaga darurat karhutla di Kalimantan Barat hingga November 2016,” kata Sutopo.

Menurutnya, dengan diterapkannya status siaga darurat, akses bagi BNPB dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) untuk menggerakkan potensi sumber daya yang ada di wilayah yang terjadi kebakaran hutan semakin mudah.

Sutopo juga menjelaskan, setelah status tersebut dicanangkan, pihaknya telah mengerahkan 8 helikopter water bombing, 2 pesawat water bombing dan 2 pesawat hujan buatan.

“Salah satunya di Riau, telah ditempatkan 3 heli water bombing, 2 pesawat dan 1 pesawat Casa hujan buatan. Total 21,7 juta liter air yang dijatuhkan heli dan pesawat water bombing untuk padamkan karhutla di Riau sejak 1 April hingga sekarang,” ungkapnya. (andi.ak).

"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...