Loading...

Jumat, 05 Agustus 2016

loading...

Gubernur Papua Ingatkan Tujuan Mahasiswa Papua Kuliah ke Yogya

    Jumat, Agustus 05, 2016   No comments

Suasana FGD bertema Strategi Alternatif Percepatan Pembangunan Papua bersama stakeholder UGM di gedung Graha Sabha Pramana
DIY-YOGYAKARTA, SriwijayaAktual.com - Gubernur Papua, Lukas Enembe menggelar Forum Group Discucion (FGD) bertema Strategi Alternatif Percepatan Pembangunan Papua bersama stakeholder UGM di gedung Graha Sabha Pramana, Rabu (03/08/2016). Selain memaparkan situasi terkini di Papua, Lukas juga mengingatkan tujuan awal mahasiswa Papua berangkat menimba ilmu di Yogyakarta.

Di hadapan beberapa bupati kabupaten di Papua dan rektor UGM Dwikorita Karnawati, Lukas mengatakan tujuan utama warga Papua datang ke Yogyakarta adalah untuk belajar menimba ilmu. Namun demikian, belakangan banyak mahasiswa yang dirasa lupa tujuan utama tersebut dan terlena dengan hal-hal lain.

"Kita datang ke Yogyakarta ini untuk kuliah, mencari pendidikan bangun Papua. Saya sudah datangkan ahli dari manapun tapi kalau bukan orang Papua sendiri yang membangun, pasti tidak akan berhasil," ungkapnya.
Dalam kesempatan tersebut Lukas juga meminta warga Papua yang berada di Yogyakarta untuk bisa beradaptasi dengan budaya setempat. Berhenti mengkonsumsi minuman keras dan narkoba serta menyesuaikan karakter masyarakat setempat menurut Gubernur Papua tersebut menjadi kewajiban anak-anak muda Papua.

"Kita dijamin keamanannya, Sultan sudah bicara sendiri tapi di satu sisi mahasiswa Papua ini juga harus bisa menyesuaikan diri, taat peraturan dan adat di Yogyakarta. Saya minta mahasiswa Papua di Yogyakarta ini hentikan minum minuman keras dan narkoba, di Papua juga sudah ada Perdasus yang mengatur pelarangan minuman keras," tegasnya.

Adanya stigma negatif masyarakat Yogyakarta pada warga Papua menurut Lukas harus disikapi dengan pemikiran terbuka. "Jangan lagi ada laporan mabuk dan merusak, kita harus mulai dari diri kita untuk beradaptasi pada lingkungan baru ini," imbuhnya.

Agenda Gubernur Papua di Yogyakarta memang salah satunya untuk mengakomodasi aspirasi para mahasiswa yang ada di Yogyakarta. Pagi tadi rombongan mengunjungi asrama Papua di Kamasan kemudian bertemu dengan Sultan di Kraton dan diakhiri FGD di UGM. (*).

Sumber, KRjogja
loading...

About Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
loading...