PURWOREJO-JATENG, SriwijayaAktual.com - Susunan batu di Bukit Pajangan Dusun Makemdowo Desa Sidomulyo Kecamatan/Kabupaten Purworejo belum bisa dipastikan sebagai candi. Butuh penelitian lebih lanjut untuk memastikan bahwa struktur itu adalah benda peninggalan peradaban masa lalu.

Kepala Seksi Sejarah Purbakala dan Nilai Tradisi Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Purworejo Eko Riyanto mewakili Kepala Dikbudpora Drs Muh Wuryanto MM mengemukakan, susunan batu tersebut belum tentu buatan manusia masa lampau. "Kami tidak berani menyimpulkan susunan itu adalah candi sebelum ada penelitian dari arkeolog," katanya  Senin (15/08/2016).

 Baca juga; Ditemukan Susunan Batu Yang Unik di Bukit Pajangan, Menggoda Perhatian Para Peneliti

Menurut Eko guna menentukan suatu objek diduga benda cagar budaya, katanya, perlu didukung dengan temuan artefak-artefak di sekitarnya. Pemerintah kabupaten belum pernah menemukan atau mendapat laporan temuan benda kuno dari masa Hindu, Budha, bahkan prasejarah dari wilayah Sidomulyo.

Eko menambahkan, observasi di lokasi juga tidak menemukan adanya bekas pahatan pada batuan tersebut. "Melihat fakta yang kami peroleh, untuk sementara pemerintah belum akan melaporkan temuan itu. Namun susunan itu menarik untuk diteliti," ucapnya. (*).

Sumber, KRjogja