Loading...

Kamis, 15 September 2016

loading...

Hikmahanto Sebut; Wajar Saja Pemerintah Filipina Protes Soal Pernyataan Presiden RI Jokowi

    Kamis, September 15, 2016   No comments

Istmw
JAKARTA, SriwijayaAktual.com  – Pernyataan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) bahwa Presiden Filipina Rodrigo Duterte mempersilahkan jika mau eksekusi Mary Jane Veloso menuai kritik dari Kementerian Luar Negeri Filipina.
 
Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana menilai wajar apabila Kementerian Luar Negeri Filipina mengoreksi pernyataan Presiden Joko Widodo terkait eksekusi mati Mary Jane Veloso.

Sebab, pernyataan Jokowi itu akan berdampak negatif bagi pemerintahan Filipina. seakan-akan pemerintahan Filipina tidak melindungi warganya di luar negeri.

“Kemenlu Filipina melakukan klarifikasi itu lebih untuk menenangkan publik Filipina, karena seolah dari pernyataan Jokowi, Duterte tidak melakukan perlindungan terhadap warga negaranya ketika mereka punya masalah di luar negeri,” kata Hikmahanto, Selasa (13/9/2016).

Hikmahanto menilai, pernyataan Jokowi dalam konteks hubungan luar negeri tidak tepat. Harusnya, kata dia, Jokowi bisa mengeluarkan statemen yang lebih netral bagi kedua negara.
“Istilahnya bukan Duterte mempersilakan (eksekusi), tapi Duterte tidak berkeberatan bila menurut hak Indonesia memang harus dilakukan eksekusi, karena ini masalah kedaulatan,” ucap Hikmahanto.

Hikmahanto berharap miskomunikasi yang terjadi ini tidak akan mengganggu hubungan baik kedua negara.


Presiden Jokowi sebelumnya mengakui telah berdiskusi dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte terkait nasib terpidana mati asal Filipina, Mary Jane Fiesta Veloso.

Diskusi itu dilakukan saat keduanya melakukan pertemuan bilateral di Istana Negara, Jakarta, Jumat (9/9/2016) lalu.
“Saya sampaikan tentang Mary Jane dan saya bercerita bahwa Mary Jane itu membawa 2,6 kilogram heroin,” kata Jokowi seperti dikutip dari Setkab.go.id, Senin (12/9/2016). (asp.kb)
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
loading...