Loading...

Sabtu, 03 September 2016

loading...

Kunjungi Alibaba, Presiden RI Ir. Joko Widodo Teken Kerjasama Pengembangan UMKM

    Sabtu, September 03, 2016   No comments

Loading...
JAKARTA, SriwijayaAktual.com –  Presiden Joko Widodo bertemu dengan CEO toko online raksasa Tiongkok, Alibaba, Jack Ma di Hangzhou, Tiongkok sebelum memulai pertemuan tingkat tinggi G-20 yang dimulai besok (04/09/2016). 

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan bahwa pertemuan tersebut berfokus pada pembicaraan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah, yang tengah digalakkan pemerintah.

 “Jack Ma pribadi dan Presiden mempunyai pandangan yang sama tentang UKM. Bahwa UKM itu harus diberdayakan untuk memanfaatkan teknologi ini. Posisi ataupun visi dari Jack Ma itu juga begitu, di mana-mana di seluruh dunia yang difokuskan adalah bagaimana kepada UKM,” kata Rudiantara, seperti yang dipublikasikan di situs setkab.go.id.

Menurut Rudiantara, saat ini telah disepakati kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan Alibaba untuk memasarkan produk Indonesia di pasar Tiongkok yang dipasarkan melalui satu platform layanan Tmall.

“Tmall itu adalah platform marketplace untuk Tiongkok, masuklah bagian dari itu yang namanya Inamall untuk produk-produk Indonesia. Tapi produk Indonesia ini saat ini adalah untuk yang large FMCG (Fast Moving Consumer Goods) seperti Kopi Kapal Api dan Indomie,” terang Rudiantara.

Untuk itu lanjut Rudiantara, dalam pertemuan dengan CEO Alibaba dijajaki agar UMKM-UMKM Indonesia juga dapat masuk ke Tmall. Selain itu, juga dijajaki agar UMKM tersebut juga bisa masuk ke layanan AliExpress.
“AliExpress itu adalah platform-nya yang sama dari Alibaba tapi untuk global. Jadi UKM kita diharapkan tidak hanya menyasar pasar Tiongkok,” kata Rudi.


Dia lebih lanjut mengungkapkan kerja sama ini nantinya akan melibatkan Kementerian Koperasi dan UKM untuk membantu mengejar target 8 juta UKM online pada tahun 2020.

“Dari 56 juta UMKM di Indonesia targetnya itu sampai saat ini 8 juta sampai dengan 2020. Programnya sekarang sudah jalan dengan Kementerian Koperasi,” pungkas Rudiantara. (*).
"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...