Loading...

Kamis, 08 September 2016

loading...

Presiden RI Joko Widodo Akan Segera Lantik BG Sebagai Kepala BIN (Video)

    Kamis, September 08, 2016   No comments

VIENTIANE, SriwijayaAktual.com - Presiden Joko Widodo memastikan akan segera melantik Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dalam waktu dekat.
Hal itu dipastikan Presiden Jokowi usai melakukan kunjungan kerja di Vientiane, Laos, pada hari Kamis (8/9/2016).

"Ya nanti kalau memang sudah disetujui, suratnya sudah sampai ke saya, secepatnya kita lantik," terangnya.

Presiden mengatakan akan membaca terlebih dahulu surat persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terkait pencalonan Budi Gunawan sebagai Kepala BIN. 

Jokowi tidak menyebutkan kapan waktu pelantikan yang dimaksud karena menurut agenda ia baru kembali ke Jakarta pada Kamis malam ini. 

Disetujui DPR
Pada hari Kamis (8/9/2016) DPR menggelar rapat paripurna‎ untuk menyetujui Komisaris Jenderal Pol Gunawan, atau BG, menjadi Kepala BIN.

Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari dalam laporannya mengatakan bahwa Komisi I DPR telah melaksanakan rapat internal pada 6 September 2016.

“Rapat untuk memutuskan pembahasan pemberian pertimbangan terhadap calon Kepala BIN melalui uji kelayakan dan kepatutan pada 7 September‎ 2016. Agendanya, penyampaian visi dan misi calon Kepala BIN, pendapat dan pandangan fraksi-fraksi dan anggota Komisi I DPR terhadap calon Kepala BIN,” kata Abdul dalam rapat paripurna di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, hari Kamis (8/9/2016).

Kegiatan itu, kata Abdul, dilanjutkan dengan rapat internal dalam rangka pengambilan keputusan mengenai pemberian pertimbangan terhadap calon Kepala BIN Komjen Pol Budi Gunawan.

Menurut Abdul, proses uji kelayakan dan kepatutan calon Kepala BIN itu berjalan secara lancar.‎
“Setelah mendengarkan paparan visi dan misi, serta pendapat dan pandangan fraksi-fraksi dan anggota di Komisi I DPR terhadap calon Kepala BIN Budi Gunawan sebagaimana diusulkan oleh Presiden RI melalui surat nomor: R:58/Pres/09/2016 Tanggal 1 September 2016, maka rapat internal Komisi I DPR memutuskan memberikan pertimbangan bahwa Saudara Budi Gunawan layak dan patut sebagai Kepala BIN menggantikan Saudara Sutiyoso,” kata dia.

“Demikianlah laporan Komisi I DPR terhadap hasil pembahasan tentang pemberian pertimbangan terhadap calon Kepala BIN”.

Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan, selaku pemimpin rapat, meminta persetujuan kepada para anggota DPR yang hadir mengenai hasil fit and proper test Budi Gunawan, dan secara serentak, anggota DPR menjawab setuju.

Sementara itu, calon Kepala Badan Intelijen Budi Gunawan menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi atas amanah yang diberikan untuk mengemban tugas sebagai pengganti Letjen TNI (Purn) Sutiyoso.
‎”Tentunya sebuah amanat pengabdian yang baru buat saya, dan tentu saya akan memberikan pengabdian terbaik untuk kemajuan BIN, bangsa, dan negara,” kata BG di Kompleks Parlemen.

Wakapolri juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala BIN Sutiyoso, karena ia sudah dibantu jajaran BIN untuk menghadapi uji kelayakan dan kepatutan. “Mulai tahap persiapan dan tahap terakhir ini seluruh jajaran BIN ikut membantu,” kata dia.

BG menilai, BIN juga solid dan mendukung dan menyukseskan pergantian kepemimpinan di lembaga intelijen tersebut.
“Kita akan bekerja bersama untuk memajukan BIN untuk lebih profesional dan lebih baik lagi," kata dia.


Tidak lupa ia bersyukur proses pergantian Kepala BIN berjalan mulus. BG juga berterima kasih kepada masyarakat‎, seluruh tokoh, pemerhati, pengamat intelijen, dan media massa, yang meliput dan memberitakan proses pergantian Kepala BIN. “Ini menjadi modal saya dan memantapkan langkah,” katanya. (*)

Ini Videonya Presiden Joko Widodo; 



Source, Satu Harapan 

loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
loading...