Loading...

Kamis, 08 September 2016

loading...

Rini Soemarno Sebut, Bentuk Holding BUMN Itu Beda Dengan Temasek

    Kamis, September 08, 2016   No comments

Loading...
Menteri BUMN Rini Soemarno (Net)
JAKARTA, SriwijayaAktual.com - Pemerintah tengah menyusun rencana pembentukan holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Setidaknya ada enam holding BUMN yang akan didirikan antara lain holding tambang, energi, keuangan hingga konstruksi. 

Meski berencana membentuk sebuah holding, Menteri BUMN Rini Soemarno menampik kalau nantinya holding perusahaan pelat merah akan sama dengan perusahaan holding asal Singapura Temasek.

"Secara bentuk finalnya, kalau Temasek kan sudah seluruhnya super holding, kalau kita kan tidak yang kita buat per holding," kata Rini di Jakarta Convention Center (JCC), seperti dilansir Okezone, Kamis (8/9/2016). 

Temasek merupakan perusahaan holding yang dibentuk pada awal tahun 1960-an oleh pemerintah Singapura. Pembentukan dilakukan dengan mengambil saham beberapa perusahaan lokal, dalam sektor seperti produksi dan pembuatan kapal. Sebelum pembentuk Temasek Holdings pada 1974, saham tersebut dipegang oleh Departemen Keuangan. Departemen Keuangan adalah pemegang saham tunggal dari Temasek Holding sekarang ini. 


Rini menyebut, holding yang akan dibentuk adalah per sektor. Tidak seperti yang dimiliki Singapura dan Malaysia.
"Jadi kalau dalam hal ini kita ada holding pertambangan, industri pertambangan, berarti nanti masuk juga hilirisasi produk tambang, itu yang kita konsentrasikan, jadi kita bukan khasanah bukan Temasek, karena yang kita buat sektoral-sektoral," tukasnya. (*).
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...