Rabu, 12 Oktober 2016

Mohammad Saleh Terpilih Jadi Pimpinan DPD RI, "Mengenal Lebih Dekat"

    Rabu, Oktober 12, 2016   No comments

Pemilihan Pimpinan DPD RI (11/10/2016)
JAKARTA, SriwijayaAktual.com - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Provinsi Bengkulu, Mohammad Saleh, mengantongi suara terbanyak dalam pemilihan pimpinan DPD, dengan 51 suara dari 117 pemilih. Ia mengalahkan 11 calon lainnya dan akhirnya terpilih sebagai pimpinan DPD RI menggantikan Irman Gusman, yang saat ini terjerat kasus hukum. 

Pemilihan pimpinan DPD RI berlangsung dalam forum rapat paripurna luar biasa DPD RI yang dipimpin Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad dan Gusti Kanjeng Ratu Hemas di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (11/10/2016).

Mohammad Saleh, kelahiran Curup 10 Juli 1966, merupakan Senator wakil Provinsi Bengkulu periode tahun 2014-2019 yang berhasil memperoleh 74.275 suara.

Pendidikan S1 ditempuhnya di Universitas Bengkulu. Beberapa organisasi yang pernah diikutinya yaitu Ketua BEM Universitas Bengkulu, Pendiri Yayasan Ta'awun. 

Selain sebagai Senator DPD RI, Mohammad Saleh merupakan seorang pengusaha. Muhammad Saleh juga terpilih sebagai Ketua Ikatan Alumni (Ikal) Universitas Bengkulu periode 2016-2021. 

H. M. Saleh
Senator asal Bengkulu ini juga dalam perjalanan karirnya di DPD, terpilih sebagai ketua Badan Kerjasama Parlemen (BKSP) dalam agenda pemilihan pimpinan alat kelengkapan di ruang rapat komite I DPD, Kamis (09/10/2014). 

Ketika itu, ia terpilih melalui proses voting dengan mengalahkan dua calon lainnya yaitu Emilia Contessa (Senator asal Jawa Timur) dan Maya Rumantir (Senator asal Sulawesi Utara).

Dipercaya sebagai ketua BKSP atau yang dulu lebih dikenal dengan Panitia Hubungan Antar Lembaga (PHAL), Muhammad Saleh berharap BKSP dapat menjalin kerjasama yang baik demi pengembangan kelembagaan secara internasional maupun nasional. 

“Tentu kita sama-sama memiliki visi untuk mengembangkan DPD ini secara kelembagaan untuk menjadi lebih baik yang akhirnya semua ini bertujuan untuk kemakmuran dan kemaslahatan rakyat Indonesia,” ujar Saleh.


Sedangkan untuk pemilihan Pimpinan DPD, Saleh mengalahkan 10 calon yakni Parlindungan Purba (Sumatera Utara) meraih 21 suara, Hardi Slamet Hood (Kepulauan Riau/9 suara), Muhammad Syukur (Jambi/7 suara), Andi Surya (Lampung/5 suara), Instyawati Ayus Fahrurazi (Aceh/1 suara) dan Ahmad Kanedi (Bengkulu/1 suara).

Sebelum dilakukan pemilihan, sebanyak 12 bakal calon pimpinan DPD RI menyampaikan visi dan misinya masing-masing selama sekitar tiga menit.
Namun, satu orang bakal calon pimpinan DPD RI menyatakan mengundurkan diri yakni Asmawati dari Sumatera Selatan. (*). 

Sumber, netral
loading...
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner