Rabu, 19 Oktober 2016

Penemuan Fosil Purbakala di Pembangunan Proyek Tol Transjawa Hebohkan Warga

    Rabu, Oktober 19, 2016   No comments

Fosil di Proyek Tol Trans Jawa
NGANJUK-JATIM, SriwijayaAktual.com - Ditengah proses pengerjaan Proyek pembangunan Tol Transjawa jawa timur , tiba-tiba dihebohkan dengan penemuan Situs purbakala yang diduga berusia ribuan Tahun tepat di Dusun Demangan, Desa Kemlokolegi Keacamatan Baron, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur.

Penemuan fosil berupa puing berbentuk batu bata serta Struktur Tulang belulang ini ditemukan tepat di areal yang tengah dilakukan proses pengerukan menggunakan Kendaraan berat.

Agus warga setempat mengaku menemukan situs ini bermula dari laporan Pekerja Tol yang sedang melakukan pengerukan tanah .” awalnya Sopir Becho yang menemukan puing puing batu bata, lalu saya korek tanahnya kok ada potongan tulang tulang” Ujar Agus yang merupakan Penjaga Areal proyek Tol.

Mengetahui ada benda benda aneh, Agus menghubungi Kepala Desa setempat dan disarank an untuk menghadirkan Ahli Purbakala ” ini baru saja di bongkar rame-rame mas” pungkas Agus seperti dilansir  Jatim.co (18/10/2016)

Nazir salah satu Ahli dari Purbakala asal Mojokerto menjelaskan, Areal Dusun Kademangan merupakan situs yang diduga bekas padepokan atau pusat perdapan Zaman kerajaan” Dari tekstur dan pecahan benda yang ditemukan kemungkinan besar dulunya merupakan areal pusat kademangan (Dusun)” jelas Nazir.

Pria yang sebelumnya juga pernah melakukan penelusuran situs Purbakala tak jauh dari tempat penemuan terbaru menenambahkan, berdasarkan penelusuran sebelumnya ada kemiripan bentuk dan jenis bendanya” Jenis bendanya mirip, pecahan pecahanya semacam gerabah dan puing bangunan kuno ada juga Fosil berupa Tulang” pungkas Nazir.

Sementara itu, Kasi Sejarah Seni tradisi Mesium dan Kepurbalaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kabupaten Nganjuk, Amin Fuadi, Menjelaskan Penemuan situs purbakala merupakan Kekayaan milik Negara yang dilindungi Undang Undang, sehingga harus dipastikan mendapatkan perlakuan yang bersifat melindungi dan melestarikan” Harus kita amankan kondisinya sebelum dilakukan Pemindahan temuan untuk diteliti lebih lanjut” Ungkap Amin.

Berdasarkan pantauan dilapangan, Selain puing puing benda berupa gerabah batu bata berukuran 30Cmx20Cm juga ditemukan potongan tulang belulang yang telah rmengapur yang termasuk kategori Fosil purbakala. Untuk kepentingan penelusuran lebih mendalam pihak Dinas terkait meminta agar sekitar penemuan diberikn Garis Polisi( police line) ” Kita minta areal setidaknya tiga meter persegi agar diberi garis pembatas untuk proses relokasi ” Pungkas Amin.(Din/j1).


loading...
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner