Loading...

Selasa, 25 Oktober 2016

loading...

Ratusan Dokter Ini, di Monumen Simpang Lima Gumul TERIAKKAN !!! 'Tolak DLP'

    Selasa, Oktober 25, 2016   No comments

KEDIRI-JATIM, SriwijayaAktual.com - Gelombang unjuk rasa menolak program pendidikan Dokter Layanan Primer (DLP) juga dilakukan oleh ratusan dokter dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur (Jatim),  di Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) setempat. Ini menjadi ironis, karena demontrasi ini berlangsung saat peringatan hari jadinya yang ke-66 tahun.

Program DLP sendiri sudah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Dokter. Menurut para dokter, program Nasional Kementerian Kesehatan tersebut membuat pelayanan terhadap masyarakat tertunda, karena mereka harus kuliah lagi.

Dalam unjuk rasa ini, para dokter membentang poster berukuran raksasa. Mereka mendesak Pemerintah Republik Indonesia menurunkan biaya kuliah dokter dan menolak program studi DLP.

“Kami sudah kuliah selama lima tahun. Kami diharuskan kuliah lagi selama dua tahun dengan adanya program DLP. Kapan kami bisa melayani masyarakat,? Ungkap dr. Anwar, salah satu orator dalam aksi tersebut, dilansir berita jatim, Senin (24/10/2016).

Menurut masa aksi, program pendidikan DLP belum tuntas dalam pembahasan pada tingkat organisasi profesi dan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Selain itu, pembahasan peraturan yang mendukung berupa Peraturan Pemerintah (PP) dan Peraturan Menteri (Permen) juga terkesan dipaksakan. Pemaksaan aturan ini dikhawatirkan dapat menimbulkan konflik horizontal antara dokter pada layanan tingkat pertama.

“Peraturannya belum jelas, Itu artinya dapat menimbulkan pemborosan anggaran. Lebih baik memperhatikan sarana prasarana rumah sakit yang belum layak,” sindirnya. 
Aksi unjuk rasa menolak DLP berlangsung secara serentak di berbagai daerah, pada hari ini. Aksi IDI Kabupaten Kediri sendiri berlangsung damai. Pada saat unjuk rasa, masa sempat diguyur hujan pada kawasan Monumen SLG Kabupaten Kediri. [nng/suf]

loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
loading...