SLEMAN-DIY YOGYAKARTA, SriwijayaAktual.com - Tim Semar UGM, Senin (24/10/2016) petang melaunching tiga mobil yang akan diturunkan dalam Kontes Mobil Hemat Energi 2016 yang diselenggarakan di UGM 31 Oktober-4 November mendatang. Tiga mobil yang berbentuk cukup unik ini didesain seringan dan seirit mungkin agar mampu menjelajah secara maksimal dengan bahan bakar seminimal mungkin.

M Fahmi Alfarizi Ketua Tim Semar mengatakan ia bersama 19 anggota tim bekerja keras sepanjang 10 bulan terakhir untuk mewujudkan tiga unit mobil yang diberinama Proto Listrik, Proto Diesel dan Urban Gasoline ini. Menurut dia, ada beberapa perbedaan mendasar yang tersemat di mobil-mobil baru ini diantaranya bentuk yang lebih aerodinamis dan bobot yang lebih ringan.

"Mobil yang tahun 2015 lalu bobotnya masih 25 kilogram tapi yang kali ini kita perkenalkan bobotnya sudah jauh lebih ringan yakni 8 kilogram. Kami gunakan bahan full karbon fiber dengan rangka yang menjadi satu dengan body, jauh lebuh ringan dan aerodinamis," ungkapnya.
Untuk urusan efisiensi mobil-mobil ini bisa menempuh jarak yang cukup jauh dengan bahan bakar yang cukup sedikit. "Untuk Proto Listrik berkekuatan 2 Kilowatt/Hour bisa menempuh jarak 800 kilometer, untuk Proto Diesel 1 liter bisa menempuh 500 kilometer dan untuk Urban Gasoline bisa 250 kilometer untuk satu liter Pertamax," imbuhnya lagi.

Sementara salah satu anggota tim Laksatia Wirawan menambahkan, Semar mematok target juara umum dalam kontes adu efisiensi ini. "Kita tuan rumah, inginnya bisa sapu bersih gelar juara, tapi semua akan dipastikan nanti di hari H, kami akan berusaha," terangnya. (*)


Sumber, KRjogja