PURWOREJO-JATENG, SriwijayaAktual.com  - Wajan raksasa ditemukan di lokasi proyek pembangunan Gedung Arsip dan Perpustakaan Daerah, Jalan Sibak Kelurahan Sindurjan Purworejo. Benda diduga cagar budaya itu ditemukan pekerja proyek ketika menggali lubang septic tank di lokasi tersebut.

Temuan tersebut dilaporkan tim pembangunan ke Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Purworejo. “Kami mendapat laporan dan mengecek lokasi, memang ada temuan benda dari logam berbentuk mirip wajan,” ujar Tri Yuliana, Kepala Seksi Seni Sastra dan Perfilman Dikbudpora Purworejo, mewakili Kepala Dikbudpora Purworejo Drs Muh Wuryanto MM, seperti dilansir KRjogja, Rabu (26/10/2016).

Wajan tersebut berdiameter sekitar 170 sentimeter. Ketebalan logam mencapai tiga sentimeter. Namun wajan tersebut dalam kondisi tidak utuh. Bagian tepi benda logam tersebut dalam keadaan pecah.
Pekerja tidak berani memindah benda tersebut menunggu dinas purbakala. “Kami laporkan kepada BPCB Prambanan, setelah dicek baru dipindah ke museum,” tuturnya.
Kendati demikian, lokasi tersebut tidak dipadati warga yang penasaran seperti temuan serupa di Kutoarjo beberapa waktu lalu. “Karena proyek pemerintah dan lokasinya memang tertutup, pihak pembangun khawatir kerumunan mengganggu aktivitas mereka,” terangnya.(*)