Senin, 17 Oktober 2016

WADUH !!! Hampir Seluruh Kecamatan di Tanjabbar Ada Pengidap HIV/AIDS

    Senin, Oktober 17, 2016   No comments

(Istimewa)
TANJABBAR-JAMBI, SriwijayaAktual.com Dinas Kesehatan Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) sejak Januari hingga Oktober ini sudah menemukan 16 kasus HIV/AIDS di 10 kecamatan di kabupaten itu. Dari tiga kasus korbannya meninggal dunia.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, H. Ahmad Putra,  menyebutkan, dari tahun ke tahun kasus HIV/AIDS mengalami peningkatan. Penemuan ini memprihatinkan.

Ahmad Putra mengapresiasi tenaga medis yang berhasil menemukan penderita HIV/AIDS di Tanjabbar. Mereka mendatangi langsung tempat-tempat yang dicurigai dan melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Bukan penderitanya yang datang ke kami, tapi tenaga kami yang mendatangi mereka. Petugas mendatangi titik yang beresiko, seperti tempat prostitusi dan tempat hiburan lainnya," kata Ahmad Putra.

Dari banyaknya kasus HIV/AIDS yang ditemukan, ditemukan di 10 kecamatan dari 13 kecamatan yang ada. Hanya tiga kecamatan yang tidak ditemukan HIV/AIDS, yakni Muarapapalik, Senyerang dan Renahmendaluh.

Kadis kesehatan ini menghimbau warga tiga kecamatan yang belum ditemukan penderita HIV/AIDS agar selalu waspada. Dulu banyak ditemukan di Tungkalilir, tapi penemuan itu bukan semuanya berasal dari warga Kualatungkal.
“Kebanyakan dari warga pendatang," katanya. 


Pada tahun 2016, ada penderita yang meninggal dunia, akibat ketidaktahuan masyarakat terhadap penyakit yang dideritanya. Terkadang saat ditemukan, penderita sudah dalam keadaan koma.
“Ketika kami cek, rupanya terkena HIV/AIDS. Kalau masyarakat melapor sejak awal, mungkin itu tidak terjadi. Masyarakat jangan takut memeriksakan dirinya,” ujar Ahmad Putra.

Untuk pencegahan HIV/AIDS ini, hindari hubungan seks bebas, setia pada pasangan, kalaupun terpaksa melakukan hubungan dengan pasangan tapi pasangan tersebut terkena HIV, gunakan alat kontrasepsi. (*)


Sumber, infojambi
loading...
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner