Loading...

Senin, 21 November 2016

loading...

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian; Ada Upaya Makar di Aksi 25 November dan 2 Desember 2016

    Senin, November 21, 2016   No comments

Kapolri bersama Panglima TNI di Mabes Polri

JAKARTA, SriwijayaAktual.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut ada agenda menduduki Gedung DPR RI dalam rencana demo pada 25 November dan 2 Desember 2016 mendatang, dan memandang rencana itu sebagai upaya makar. 

"Ada upaya-upaya tersembunyi dari beberapa kelompok yang ingin masuk dalam DPR dan berusaha menguasai DPR. Kalau itu bermaksud untuk menjatuhkan atau menggulingkan pemerintah itu termasuk pasal makar," kata Tito, saat melakukan teleconference  bersama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dengan seluruh kapolda dan panglima komando utama TNI di Ruang Rapat Utama Mabes Polri, Senin (21/11/2016) dikutip laman rimanews. 

Menurut Kapolri, upaya menguasai Gedung DPR ini jelas melanggar hukum seperti diatur Pasal 104 dan 107 KUHP tentang kejahatan terharap keamanan negara. Dalam pasal 107 dijelaskan, Makar dengan maksud untuk membunuh, atau merampas kemerdekaan, atau meniadakan kemampuan Presiden atau Wakil Presiden memerintah, diancam dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara sementara paling lama dua puluh tahun.



Karena itu, bila ada upaya-upaya seperti pendudukan gedung DPR/MPR, Polri dan TNI akan melakukan upaya pencegahan dengan memperkuat gedung DPR/MPR sekaligus juga membuat rencana rencana berkelanjutan bila terjadi hal-hal tak diinginkan. 

"Kita akan melakukan tindakan-tindakan yang tegas terukur sesuai dengan peraturan undang-undang kita akan tegakkan hukum baik yang melakukan maupun yang menggerakkan itu," ujarnya.

Kapolri menegaskan, kegiatan unjuk rasa memang telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan nomor 9 tahun 1998 tentang penyampaian pendapat di muka umum itu merupakan hak konstitusi setiap warga. "Namun tidak bersifat Absolut," tegasnya. (*)

loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
loading...