Loading...

Sabtu, 26 November 2016

loading...

Mendikbud Hapus Ujian Nasional, Ini Alasan & Pertimbanganya ..

    Sabtu, November 26, 2016   No comments

Loading...

JAKARTA, SriwijayaAktual.com - Ujian Nasional (UN) dihapus mulai tahun depan. Hal itu sudah diputuskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (Mendikbud RI), Muhadjir Effendy. 

Muhadjir mengatakan keputusan itu sudah dimoratorium dan akan ditiadakan pada tahun 2017. Ujian akhir sekolah sendiri telah didesentralisasi, dimana pelaksanaan ujian akhir untuk siswa SMA-SMK dan sederajat diserahkan pada pemerintah provinsi. 

Ujian akhir untuk siswa SMP dan SD atau sederajat diserahkan kepada pemerintah kabupaten/kota. Meski demikian Muhadjir menyebut pelaksanaan ujian akhir sekolah tetap sesuai dengan standart nasional.

Mantan  Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu mengatakan Badan Standarisasi Nasional bakal mengawal, mengontrol serta mengendalikan proses ujian akhir sekolah. Muhadjir menambahkan tidak ada lagi mensuplay soal ke daerah dengan pengawalan polisi.

Setelah Ujian Nasional dihapus, kelulusan siswa ditentukan oleh masing-masing sekolah. Hasl ujian akhir bukan menjadi faktor penentu kelulusan melainkan hanya sebagai salah satu pertimbangan.

Muhadjir mengatakan dia sudah bertemu dengan Presiden Jokowi. Dia dipanggil setelah Jumatan dan prinsipnya presiden sudah setuju hanya tinggal menunggu Instruksi Presiden (Inpres).

Setelah putusan Ujian Nasional dihapus bukan berarti UN di Indonesia tidak akan ada lagi. Muhadjir Effendy menuturkan pihaknya akan tetap mengadakan Ujian Nasional sesuai amanah Mahkamah Agung."Jelasnya Muhadjir, seperti dilansir laman newsth (25/11/2016)

Ujian Nasional akan dilakukan jika semua pendidikan di Indonesia sudah bagus. Muhadjir menyebut nanti akan ada pemetaan dan bisa dilihat apakah perbaikan tahun 2017 cukup signifikan atau tidak.


Saat ditanya tentang Ujian Nasional tahun 2018, Muhadjir mengatakan hampir pasti belum ada. Karena peningkatan kualitas sekolah secara merata tidak bisa setahun dua tahun. Dia menyebut sekolah di Indonesia yang sudah standar nasional masih 30%.

Selain perbaikan pendidikan di Indonesia adakah lain yang membuat Mendikbu menghapus Ujian Nasional ? Muhadjir menjawab supaya tidak ada stres tahunan seperti sekarang.

Selama ini Ujian Nasional sebagai penentu kelulusan memang menjadi momok bagi para siswa. Hasil belajar bertahun-tahun hanya ditentukan dalam hitungan hari memang membuat pelajar tertekan. Semoga dengan ditiadakannya Ujian Nasional menjadi salah satu solusi supaya pelajar tidak mengalami stres menjelang ujian."Tandasnya Muhadjir, Alumni HMI ini. (*)

"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...