Selasa, 24 Januari 2017

Ini Hasil Pertemuan Tertutup Ketua MUI dan Kiai di Pacet Mojokerto

    Selasa, Januari 24, 2017   No comments

Para Alim-u;ama bertemu di Pacet Mojokerto (BJ-21/1/2017) 

MOJOKERTO-JATIM, SriwijayaAktual.com - Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) KH Ma'ruf Amin membeber pertemuan dengan para kiai, habib, cendikiawan serta akademisi di Ponpes Riyadlul Jannah, Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Menurut Ma'ruf, pertemuan tersebut membahas peran ulama dalam memberikan kontribusi riil terhadap permasalahan berbangsa dan bernegara. Utamanya masalah permberdayaan ekonomi umat Islam. 

"Kedatangan saya kemari dalam rangka menghadiri undangan FPB (Forum Peduli Bangsa), yang terdiri dari kiai-kiai. Mereka ingin berupaya mengambil peran, bagaimana memberikan kontribusi dalam berbangsa dan bernegara. Terutama masalah pembedayaan ekonomi bangsa, khususnya umat Islam" ujar Kiai Ma'ruf yang juga Rais Aam PBNU, Sabtu (21/1/20170.

Walhasil, forum menyepakati hal tersebut. Selanjutnya, FPB akan membuat rumusan-rumusan dalam menciptakan masyarakat mandiri. Selain itu, forum juga akan membuat usulan-usulan agar bangsa ini tetap bersatu.

"Jadi hasil pertemuan ini menyepakati adanya pemberdayaan ekonomi bangsa. Sehingga umat tidak hanya menjadi beban. Ide besarnya seperti itu. Langkah teknisnya, akan kita bahas lagi langkah seperti apa yang kita lakukan," ujarnya.

Hal serupa dilontarkan pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang KH Salahuddin Wahid atau Gus Solah. Menurut Gus Solah, pertemuan yang dihadiri para kiai tersebut membahas masalah ekonomi. Yakni mendorong pesantren bisa lebih aktif dalam kegiatan ekonomi.

"Ada perjanjian kerjasama antara Ponpes Riyadlul Jannah dengan Direktorat Pesantren. Untuk mencoba mengembangkan semangat wirausaha di kalangan pesantren. Jadi kita hanya membicarakan masalah pengembangan ekonomi," ujar Gus Solah usai acara.


Namun demikian, dalam pertemuan tersebut Gus Solah sudah memberi masukan agar para kiai juga melakukan sesuatu yang baik untuk membantu menyelesaikan kemelut bangsa saat ini.

 "Ternyata Pak Maruf (Ketua MUI) sudah mengambil prakarsa untuk mengadakan semacam kerukunan nasional, yang intinya mencari penyelesaian kemelut bangsa ini. Jangan kita pertajam lagi masalah yang ada, tidak ada yang untung," pungkas Gus Solah. (*)


Sumber, Beritajatim
loading...
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner