Loading...

Kamis, 26 Januari 2017

loading...

Menteri Agama RI, Tidak Sepakat Haji Dikelola Swasta, Ini Alasanya ....

    Kamis, Januari 26, 2017   No comments

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin (Ist)
JAKARTA, SriwijayaAktual.com - Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin tidak sepakat usulan pengelolaan haji diurusi oleh badan nonpemerintah karena memiliki dampak negatif. 

"Terkait dengan adanya isu haji dikelola badan sendiri di luar pemerintah, saya amat sangat berkeberatan," kata Lukman di Jakarta, seperti dilansir Antara, Rabu (25/1/2017). 

Menurut dia, persoalan haji sangat kompleks dan luar biasa sehingga harus menjadi tanggung jawab pemerintah. Pemerintah harus hadir serta tidak boleh melepaskan penyelenggaraan ibadah haji. Alasannya, haji perlu pengorganisasian dan pengoordinasian lintas lembaga serta antar negara. 

Dengan begitu, lanjut dia, penyelenggaraan haji harus di tangan pemrintah karena memiliki jaringan luas seperti untuk urusan terkait kementerian yang membidangi urusan luar negeri, kesehatan, hukum, serta banyak instansi dan lembaga lain terkait. 

Menurut dia, akan menjadi persoalan besar jika haji dikelola badan sendiri meskipun penyelenggaraan haji oleh Kemenag saat ini memiliki kekurangan. Kekurangan-kekurangan tersebut diupayakan untuk terus diperbaiki seiring dengan berjalannya waktu, baik dari struktur atas maupun bawah.

"Saya tidak bisa membayangkan kalau haji dilakukan oleh badan tersendiri yang tidak punya kaki-kaki sampai daerah dan tidak punya struktur ke bawah. Hal yang berkaitan dengan pengorganisasian dan pengoordinasian menjadi tantangan luar biasa," katanya. 

Kendati demikian, Lukman sepakat jika urusan keuangan haji dikelola badan independen, seperti Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).
Hal itu, lanjut dia, akan memberi kepercayaan dan transparansi keuangan haji di mata publik. "Pengelolaan keuangan haji memang harus dikelola di luar pemerintah," Tandasnya. (*)


loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
loading...