Rabu, 25 Januari 2017

Presiden RI Jokowi Tetapkan 1 Juni Sebagai Hari Lahir Pancasila, MS Kaban: Itu Kekeliruan Sejarah

    Rabu, Januari 25, 2017   No comments

MS. Kaban

JAKARTA, SriwijayaAktual.com  – Memaksakan 1 Juni 1945 sebagai hari lahir Pancasila bertentangan dengan pidato dan pandangan Bung Karno sendiri.

Penegasan itu disampaian mantan Menteri Kehutanan MS Kaban, menyikapi penetapan 1 Juni 1945 sebagai hari lahir Pancasila oleh Presiden Jokow Widodo.

“Memaksakan 1 Juni 45 sebagai hari lahir Pancasila bertentangan dengan pidato dan pandangan Bung Karno sendiri. Hayo buka dokumen sejarah,” kata MS Kaban melalui rilisnya yang diterima redaksi, seperti yang dilansir abadikini,  Minggu (23/1/2017).


Ketua Majelis Syura Dewan Pimpinan Pusat Partai Bulan Bintang (DPP PBB) itu menyatakan penetapan hari kelahiran Pancasila jangan dipaksakan karena akan memunculkan konflik yang berkepanjangan.
“Keluarga Bung Karno dan Presiden Jokowi yang menyatakan kelahiran Pancasila 1 Juni 45 adalah kekeliruan sejarah dan itu pasti mengundang konflik,” ujar MS Kaban.

Menurut Kaban, keluarga Bung Karno sebagai proklamator dan Presiden Jokowi harus membuka dan memahami sejarah. Jangan sampai dipaksakan kepada rakyat Indonesia untuk menyebut 1 Juni 1945 sebagai hari lahirnya simbol Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini.

“Memaksakan 1 juni 45 sebagai hari lahir Pancasila bertentangan dengan pidato dan pandangan Bung Karno sendiri. Hayo buka dokumen sejarah,” tegas MS Kaban.


Untuk diketahui, Presiden Jokowi telah menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila. Selain itu, setiap tanggal tersebut diliburkan. Penetapan itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres).
Keppres itu ditandatangani Presiden Jokowi dalam peringatan Pidato Bung Karno di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat (1/06/2016) silam.

Dalam pidatonya Jokowi menegaskan, Pancasila sebagai dasar bangsa harus diketahui asal-usulnya. Dari generasi ke generasi harus diamalkan dan menjadi ideologi yang bekerja dan dijaga kelanggengannya. (as.ak)


loading...
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner