Loading...

Rabu, 08 Februari 2017

loading...

Ini Lho Penjelasan Menteri Agama Tentang Sertifikasi Khatib atau Ulama

    Rabu, Februari 08, 2017   No comments

Loading...
Dok/Net; Menteri Agama RI  Lukman Hakim Saifuddin

JAKARTA, SriwijayaAktual.com  – Menteri Agama RI (Menag RI) Lukman Hakim Saifuddin angkat bicara terkait dugaan pemerintah akan mensertifikasi ulama. Dia memastikan hal tersebut tidak benar.
“Jadi tidak ada sama sekali keinginan pemerintah untuk melakukan sertifikasi (ulama). Kata sertifikasi tidak pernah muncul dari pemerintah,” kata Lukman di kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Selasa (7/2/2017).

Lebih lanjut Lukman mengatakan, yang akan dilakukan pemerintah itu berupa satandarisasi khatib salat Jumat, bukan sertifikasi.

“Tentang standarisasi, bukan sertifikasi, tujuannya untuk memberikan batasan minimal apa sesungguhnya kompetensi kualifikasi yang harus dimiliki oleh seorang khatib dalam menyampaikan khotbah Jumat,” jelas dia.

Karena itu, kata Lukman, Pemerintah mengusulkan adanya standarisasi, tentunya dengan alasan yang tepat. Sebab, saat ini khotbah pada salat Jumat dalam beberapa kejadian telah ke luar dari esensinya.


“Berdasarkan masukan dari sebagian umat Islam sendiri, jadi latar belakangnya itu beberapa kalangan itu merasa resah dan risau dengan khotbah Jumat yang berisi hal yang profokatif. Esensi khotbah Jumat menyampaikan ajakan dan nasihat untuk bertaqwa itu ternyata juga diisi dengan hal yang sifatnya memecah belah, menjelek-jelekan, mencaci maki bahkan menyebut nama orang tertentu sehingga menimbulkan keresahan bagi sebagian kita,” papar dia.

Merujuk pada kondisi itulah, ia mengaku, Pemerintah merespons. Terlebih selaku Menteri Agama, dirinya tidak bisa tinggal diam terkait fenomena tersebut.
“Itu kenapa kami mengundang wakil dari MUI, ormas Islam juga dari organisasi profesi dai dari akademisi untuk duduk bersama menyikapi ini (sertifikasi khatib),” Tandasnya Lukman. (as.ak)


"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...