Loading...

Rabu, 01 Februari 2017

loading...

Obat Inflamasi atau Peradangan "Ekstrak Daun Imer & Meniran" Karya Penelitian Mahasiswa UGM

    Rabu, Februari 01, 2017   No comments

Loading...
Foto/Ist; Ekstrak Nu Imran karya mahasiswa UGM

SLEMAN-YOGYAKARTA, SriwijayaAktual.com - Siapa sangka daun imer dan meniran yang sering kali dikesampingkan memiliki manfaat yang cukup menarik dieksplorasi. Lima mahasiswa UGM yakni Apriliyani Sofa Marwaningtyas, Dea Amelia K, Ahmad Eko P, Nadia Khairunnisa dan Ragil Anang membuktikan khasiat dua daun tersebut yang ternyata bisa menjadi obat anti inflamasi atau peradangan.

Apriliyani mengungkap ide awal pemilihan dua daun tersebut tercetus ketika beberapa waktu lalu ia mengalami cidera di kaki. Kala itu ia mendatangi seorang pemijat tradisional dan kakinya yang bengkak dibubuhi tumbukan daun.

"Saya rasakan kok bengkaknya kempes dengan cepat. Saya mencoba cari tahu ternyata itu daun imer yang mengandung securinine untuk mengobati peradangan," ungkapnya, Selasa (31/01/2017).

Beberapa waktu kemudian tepatnya Januari hingga Agustus 2016 Apriliya bersama empat rekannya melakukan penelitian dan menggabungkan ekstrak daun imer dengan meniran yang juga punya kandungan filantin untuk menguatkan imun.

"Ekstrak daun meniran dan daun imer ini kita racik dengan kombinasi 24 miligram imer dan 6,25 miligram meniran ternyata bisa mengobati bengkak, tapi obat ini spesifik kita tujukan untuk inflamasi penyakit kronis seperti kanker, transplantasi, dan auto-imun," lanjutnya.
Daun Meniran (Net)

Nadia Khairunnisa menambahkan saat ini belum ada penelitian yang mengkombinasikan ekstrak meniran dan imer untuk pengobatan anti intlamasi ini. Padahal di Indonesia dua bahan ini mudah ditemukan sehingga bisa diproduksi dengan biaya yang cukup terjangkau.

Kelima mahasiswa inipun berharap obat anti-inflamasi yang diberinama Nutrasetikal Imer Meniran atau disingkat dengan Nu Imran bisa segera dikembangkan dan memiliki nilai guna untuk masyarakat. "Kita sudah ujicobakan pada hewan tikus dan hasilnya sangat signifikan. Kami akan kembangkan lagi agar bisa digunakan untuk manusia, agar nanti kita punya pilihan mengobati inflamasi," ungkapnya. (Fxh/KRjogja)



loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...