Loading...

Kamis, 09 Februari 2017

loading...

Pemerintah Masih Punya Tugas Terangkan 12 Ribu Desa

    Kamis, Februari 09, 2017   No comments



JAKARTA, SriwijayaAktual.com - Tercatat pada peta ketenagalistrikan terdapat 12.659 desa yang belum memperoleh aliran listrik secara memadai, bahkan 2.519 desa di antaranya masih benar-benar gelap, tak tersentuh aliran listrik. 

"Melistriki wilayah-wilayah di Indonesia bukan sekedar mengejar target rasio elektrifikasi karena yang paling utama memberi akses listrik bagi yang belum memiliki. Yang terpenting adalah pemerataan bukan hanya mengejar target," demikian ditegaskan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan, seperti dikutip esdm.go.id hari ini, Kamis (9/2/2017).

Saat ini rasio elektrifikasi menjadi 88 persen, artinya mengalami kenaikan lima persen dari sebelumnya hanya 83 persen. Ditargetkan pada 2019 mendatang rasio elektrifikasi meningkat menjadi 97 persen. 

"Selain target pemerataannya juga harus jalan, bukan hanya rasio elektrifikasi dibagi nasional nanti akan dapat kurang atau lebih nah ini yang menjadi tantangan tersendiri buat PLN," ujar Jonan. 

Untuk melistriki wilayah terisolir pemerintah mengupayakan beberapa program-program terobosan antara lain Program Indonesia Terang yang juga terintegrasi dengan program listrik 35.000 MW.  

Proyek Kelistrikan 35.000 MW merupakan proyek pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang dilaksanakan guna mewujudkan kemandirian ekonomi dan meningkatkan rasio elektrifikasi. Proyek 35.000 MW tidak hanya bergerak pada proyek pembangunan pembangkit, namun juga pada transmisi dan gardu induk. (rima)


loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
loading...