Loading...

Kamis, 09 Februari 2017

loading...

'Selamatkan Ahok', Prof. Mahfud MD Sarankan Presiden RI Jokowi Buat Perppu Cabut UU

    Kamis, Februari 09, 2017   No comments

Loading...
Prof. Mahfud MD (Net)

JAKARTA, SriwijayaAktual.com – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Tahun 2008-2013 Prof. Mahfud MD,  menyarankan Presiden RI Joko Widodo mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk mencabut Pasal 83 UU Nomor 23 Tahun 2014 untuk menyelamatkan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dari penonaktifan akibat berstatus tersangka. 

“Untuk memastikan tidak ada UU yang dilanggar: jika Ahok tidak akan dinonaktifkan sebaiknya presiden mengeluarkan Perppu yang mencabut Pasal 83 UU 23/2014,” kata Mahfud di akun Twitter pribadinya yang dipantau hari ini, Kamis (9/2/2017). 

UU 23/2014 yang dimaksud Mahfud adalah Undang-Undang tentang Pemerintahan Daerah, yang pada pokoknya presiden atau menteri memberhentikan sementara kepala daerah jika tersangkut permasalahan dan masuk ke proses persidangan selambat-lambatnya selama 30 hari terhitung sejak menerima salinan nomor perkara dari pengadilan negeri. 

Apabila putusan pengadilan menyatakan bersalah, maka kepala daerah tersebut akan diberhentikan dari jabatannya. Ahok saat ini terbelit kasus penistaan agama yang ancaman hukumannya 5 tahun, yang sidangnya sudah berlangsung 9 kali.

Menurut Mahfud, jika penonaktifan tidak dijalankan, pemerintah dianggap melanggar UU. Oleh sebab itu, jika ingin bermain, sebaiknya mencabut UU tersebut dengan mengeluarkan Perppu.
“Mencabut isi UU itu boleh. Mengeluarkan Perppu juga hak Presiden. Daripada melanggar UU kan lebih baik keluarkan Perppu dulu,” katanya.

“ [...] Poinnya, daripada melanggar UU lebih aman kalau mengeluarkan Perppu. Mengeluarkan Perppu adalah hak subyektif presiden,” imbuhnya. 

Saat ditanya apakah sarannya tersebut untuk menjerumuskan Presiden Jokowi supaya dipermalukan rakyat, Mahfud menanggapinya santai.
“Wah, provokasi ya. Saya tak rugi atau untung kalau pendapat saya itu tidak dilakukan atau dilakukan. Terserah saja,” Tandasnya. (*)



Sumber, Rimanews
"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...