Loading...

Sabtu, 04 Februari 2017

loading...

Senin besok, Aksi Serentak Puluhan Ribu Buruh di 20 Provinsi

    Sabtu, Februari 04, 2017   No comments

Dok/Net; Aksi Buruh Tolak Tenaga Kerja Asing
JAKARTA, SriwijayaAktual.com - Puluhan ribu buruh berencana menggelar aksi besar-besaran secara serentak di 20 provinsi pada Senin (6/02/2016) untuk memprotes kehadiran tenaga kerja asing (TKA) Cina yang mendapatkan bayaran jauh lebih besar dari pekerja lokal. 

Selain di Jakarta, buruh juga akan menggelar unjuk rasa di beberapa provinsi besar lain seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Aceh, dan Sumatera Utara. Aksi akan dipusatkan di depan kantor gubernur masing-masing. Sementara untuk buruh Jabodetabek, unjuk rasa dilakukan di depan Istana Merdeka dan Mahkamah Agung. 

"Puluhan ribu buruh mengepung istana karena merasakan ancaman banyaknya TKA Cina ilegal ketika lapangan pekerjaan sempit dan daya beli buruh menurun akibat upah murah melalui PP 78/2015," ujar presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, Sabtu (4/2/2017), seperti dilansir rimanews. 

Said mengaku miris dengan kondisi saat ini. Kata dia, upah buruh tahun 2017 ini hanya naik US$ 10-20 setara Rp 133 ribu - Rp 266 ribu per bulan, seharga satu kebab di Eropa, sedangkan TKA Cina ilegal ada yang dibayar Rp 10 juta per bulan.

Disamping itu, buruh juga akan memprotes kenaikan tarif listrik, cabe, dan beberapa kebutuhan pokok lain serta langkanya bahan bakar jenis premium.
"Apalagi hal ini sangat dirasakan oleh jutaan buruh outsourcing yang tidak dipedulikan nasibnya oleh pemerintah," terang Iqbal. (*)


loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
loading...