Loading...

Rabu, 01 Maret 2017

loading...

Kisah Tentang Patung di Istana Bogor "Patung Telanjang"

    Rabu, Maret 01, 2017   No comments

Loading...
Salah satu patung telanjang di dalam Istana Bogor (Foto:Presidenri.go.id)

SriwijayaAktual.com - Ada ratusan patung di Istana Bogor, Jawa Barat. Tak sedikit yang 'telanjang'. Namun dalam beberapa kesempatan, patung-patung itu dipasangi kain untuk menghormati tamu.

Dikutip dari presidenri.go.id, Selasa (28/2/2017), ada beberapa karya seni patung bernilai tinggi di Istana Bogor. Sebut saja patung Presiden Yugoslavia, Josef Broz Tito, patung Sarinah karya Trubus, dan patung kepala Sang Budha dari Myanmar tampak menghiasi sisi ruang perpustakaan. Ada juga patung Wayang dari uang kepeng di ruang kerja Bung Karno.

Khusus patung telanjang, ada patung Little Mermaid karya Edward Eriksen. Patung itu berada di depan Istana Bogor, tepatnya di atas batu dekat kolam ikan. Ada juga patung tanpa busana di halaman utama hadiah dari Josef Broz Tito dan Patung Menyisir Rambut karya Struble dari Hongaria.

Salah satu patung telanjang yang jadi perhatian juga patung Denok di bagian belakang Istana. Ini adalah patung buatan seniman Solo bernama Trubus. Kisah Denok ini cukup menarik karena patung ini menggambarkan seorang wanita dengan kepala menoleh ke kanan serta kedua tangan berada di paha kiri yang menjadi tumpuannya berjongkok. Tubuh patung itu menggunakan model anak pelukis Ernest Dezentje dan wajahnya perempuan muda bernama Ara, anak pegawai Istana Bogor. 

Patung perempuan di Istana Bogor

Beberapa patung lelaki tanpa busana juga ada seperti karya Patzay dari Budapest sampai patung Hercules karya seniman Polandia.

Patung-patung tersebut pernah beberapa kali ditutup saat kunjungan tamu khusus. Kali ini, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz akan bertandang ke Istana Bogor dan pihak Istana memastikan akan memberi busana pada patung-patung tersebut untuk menghormati sang Raja. 

Lukisan dan Keramik di Istana Bogor
Selain patung, terdapat 448 buah lukisan koleksi Istana Bogor. Selain itu ada juga koleksi keramik sebanyak 196 buah. Khusus patung, total ada 216 buah. Sebagian besar karya seni bernilai tinggi tersebut kini tersimpan di museum istana Bogor. 

Beberapa lukisan dan keramik terkenal di Istana Bogor adalah lukisan upacara perkawinan Rusia karya Makowski, lukisan flamboyan karya Addolf, keramik Thailand, dan keramik hadiah Perdana Menteri Uni Sovyet, Nikita Khruschev.

Halaman depan Istana Bogor

Pada saat era Sukarno, penerimaan tamu negara biasanya dilakukan di ruang Teratai. Disebut ruang teratai karena di ruangan ini terdapat lukisan Bunga Teratai karya Dezentje dan lukisan tujuh bidadari.  

Jokowi dan Shinzo Abe di Istana Bogor

Di Istana Bogor tepatnya di sisi kiri Ruang Garuda terdapat ruang perpustakaan, ruang kerja, dan ruang makan besar. Bung Karno banyak menghabiskan waktu luangnya dengan membaca. Sekitar 4.500 buku koleksi pribadi BK masih tersimpan rapi di raknya sampai sekarang. (*)
 


loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...