TEMANGGUNG-JATENG, SriwijayaAktual.com  - Petani tembakau menggelar Selamatan Puji Jagat Larung Sukerto dengan ritual mahening di tuk budoyo lereng Gunung Sumbing Dusun Dayan Desa Losari Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan dilanjutkan ritual larungan di sungai Progo bawah jembatan Progo Kranggan Temanggung, Jumat (24/03/2017).

Tuk Budoyo terletak di lereng Gunung Sumbing dengan ketinggian 1200 mdpl. Didaerah ini menghasilkan tembakau terbaik. Sedangkan sungai Progo di tengah Kota Temanggung. Sesajian dibawa oleh petani, seperti ingkung ayam jantan, tumpeng dan jajann pasar.  

Sesepuh warga, Kirwiyono mengemukakan selamatan puji jagat larung sukerto merupakan doa bersama pada Tuhan Yang Maha Esa. Doa ini dilakukan oleh para sesepuh lintas adat dan budaya dari lereng Sumbing dan Sindoro di Temanggung. 
"Kami gelar ritual mahening dan dilanjut larungan sebagai simbol untuk membuang segala kesialan ke Sungai Progo," katanya, dikutip KRjogja.

Dia mengemukakan selamatan bertujuan pada awal tanam tembakau petani diberikan kelancaran dan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa, mengusir hama tembakau termasuk hal-hal yang menghambat dan mengurangi ruang gerak bagi petani untuk budidaya tembakau, termasuk mengusir hama anti tembakau. (*)