Loading...

Kamis, 16 Maret 2017

loading...

sstttT.....Freeport Sudah Lakukan PHK Sebanyak 3.340 Karyawan

    Kamis, Maret 16, 2017   No comments

Loading...


TIMIKA-PAPUA, SriwijayaAktual.com - PT Freeport Indonesia dan perusahaan subkontraktor telah merumahkan dan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) 3.340 karyawan hingga Kamis, kata Wakil Presiden PT Freeport Indonesia Bidang Manajemen Risiko dan Keamanan Amirullah. 

"Total sampai hari ini jumlah karyawan yang dirumahkan dan di-PHK sebanyak 3.340 orang," kata Amirullah saat menghadiri pertemuan dengan Kepala Polda Papua Irjen Paulus Waterpauw di Hotel Serayu, Timika, Kamis (16/3/2017). 

Kisruh Freeport bermula dari rencana pemerintah mengubah status PT Freeport Indonesia dari sebelumnya Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) agar bisa tetap melanjutkan operasi di Indonesia. Sementara, Freeport berkeras tidak dapat melepaskan hak-hak hukum yang diberikan dalam Kontrak Karya tahun 1991 silam. 

Lantaran tidak ingin beralih status menjadi IUPK dan bersikukuh mempertahankan status Kontrak Karya (KK), Freeport menghentikan aktivitas produksi sehingga menyebabkan banyaknya karyawan yang dirumahkan dan diberhentikan. 

Amirullah mengatakan, PT Freeport Indonesia melakukan efisiensi dengan merumahkan sebagian pekerjanya sejak pertengahan Februari, setelah pemerintah tidak lagi mengizinkan ekspor konsentrat. Menurut dia karyawan yang dirumahkan tetap menerima gaji pokok. 

Namun, ia melanjutkan, sebagian perusahaan subkontraktor Freeport melakukan pemutusan hubungan kerja. Amirullah menjelaskan bahwa sejak 8 Maret PT Freeport telah mengirim kembali konsentratnya ke PT Smelting Gresik di Jawa Timur. 

Karena tidak mendapat izin ekspor untuk 60 persen dari total produksi konsentratnya, Freeport saat ini hanya bisa memasok 40 persen konsentrat ke pabrik pengolahan di Gresik itu. 

Adapun pabrik pengolahan biji Freeport yang berlokasi di mil 74, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua akan kembali beroperasi aktif mulai 21 Maret mendatang. 

Konsentrat Freeport yang diolah pabrik pengolahan Mil 74, Tembagapura, dialirkan melalui pipa ke wilayah dataran rendah Mimika untuk ditampung di kawasan Pelabuhan Portsite Amamapare. (*)


Sumber, antara
"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...