Loading...

Senin, 03 April 2017

loading...

Hmmm...Sensasi Baru Nyeruput Kopi Aroma Buah Nangka

    Senin, April 03, 2017   No comments

Loading...
JAKARTA, SriwijayaAktual.com – Pementasan duta seni Kabupaten Kendal di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, dimanfaatkan pelaku UMKM untuk mempromosikan hasil produk. Salah satunya kopi liberika khas kendal yg memiliki aroma seperti buah nangka.

Ketua Kelompok Tani Mlatimakmur, Pujo Widodo mengatakan jika di Kendal memiliki tiga kopi yg kualitasnya sudah diakui rasanya. Yakni Robusta, Arabika dan Liberika.

“Robusta dikenal karena rasanya yg sangat pekat pahitnya, Arabika itu pahit asam-asam dan Liberika dengan pahit pekat dengan aroma nangka,” katanya, Minggu (2/4/2017).

Meski kopi liberika menjadi brand kopi di Kendal, tapi hal itu menurutnya yg menjadi andalan dan banyak dipesan oleh pemroduksi kopi adalah kopi robusta.

“Bahkan untuk penanamannya di petani, prosentasenya kopi robusta masih mendominasi. Yakni sekitar 70 persen. Sedangkan arabika 20 persen dan 10 persen liberika,” jelasnya, dikutip beritajateng.net
Kopi Liberika, Kopi Beraroma Nangka Khas Kabupaten Kendal

Kopi liberika menurutnya masih minim, sebab untuk menghasilkan kopi liberika yg bagus butuh tempat penanaman dengan ketinggian 300-500 diatas permukaan air laut (dpl).

Selain itu di Kendal, juga sudah dikembangkan kopi luwak. Produksinya sudah banyak dipesan di coffee wilayah Jateng.

Hal Senada dikatakan Sri Harjito dari Dinas Pertanian dan Pangan kendal. Ia menambahkan dengan momen di TMII Jakarta ini, kopi Kendal bisa lebih si kenal.
“Kopi Kendal itu kualitasnya sangat bagus. Sayang kalau tidak dipromosikan,” katanya. (*)

"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...