Loading...

Senin, 03 April 2017

loading...

Jika Terealisasi, Negara ini Bakal Jadi yang Pertama Bangun Kota Terapung

    Senin, April 03, 2017   No comments

Loading...
Sebuah render dari satu proposal Seasteading Institute sedang mempertimbangkan untuk City Proyek Terapung (Foto: Architecturaldigest)

SriwijayaAktual.com - Seiring pemanasan global, mencairnya bongkahan es di daerah kutub sulit dihindarkan. Dikhawatirkan untuk jangka panjang, posisi permukaan air di Bumi akan terus mengalami kenaikan. Kondisi tersebut akan membuat dataran di planet ini akan semakin tergerus alias tenggelam perlahan. 

Dibutuhkan solusi terbaik untuk menghadapi hal itu jika memang sudah tidak memungkinkan untuk mencegah melelehnya es di daerah kutub yang terus terjadi.

Dikutip Architecturaldigest, seperti dilansir Okezone, (3/4/2017), menyadari kondisi iklim di Bumi yang tampaknya akan menjadi mengkhawatirkan, sejumlah ilmuwan, insinyur, dan arsitek pun memikirkan kembali konsep kota-kota masa depan. Salah satu yang ikut berkontribusi dalam memikirkan kota yang cocok untuk kondisi Bumi di masa depan adalah Seasteading Institute. 

Sebagai suatu organisasi nirlaba, Seasteading Institute menjadi ujung tombak sebuah rencana pembangunan kota di masa depan yang disebut Floating City Project.

Konsep dari pembangunan kota terapung itu ditujukan sebagai sebuah hunian yang mengambang di atas air. Ditambang dengan sentuhan tenaga surya ramah lingkungan, serta berbagai inovasi lainnya.

Baru-baru ini, Januari 2017,  pemerintah Polinesia Prancis menandatangani perjanjian bersejarah  dengan perusahaan Amerika Serikat (AS) Seasteading Institute bekerjasama pada kerangka hukum untuk memungkinkan pengembangan Floating City Project. Jika terealisasi, maka dimungkinkan negara tersebut akan menjadi yang pertama membangun kota terapung. Proyek pembangunan kota terapung diperkirakan akan selesai pada 2019.

Berdasarkan perjanjian tersebut, telah dilakukan penelitian menyangkut ekonomi, lingkungan, dan arsitektur. Pemerintah akan berkolaborasi dengan Seasteading Institute untuk mengembangkan "kerangka pemerintahan khusus" untuk basis tanah dan zona laut. 

Polinesia Prancis, negara di Pasifik selatan yang terdiri dari 118 pulau. Polinesia Perancis terdiri dari beberapa gugus di Kepulauan Polinesia, di antaranya Pulau Tahiti yang termasuk dalam Kepulauan Society, Papeete, ibu kota Polinesia Perancis, berada di Tahiti. (*)

"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...