Loading...

Rabu, 12 April 2017

loading...

Mantan Ketua DPR RI Marzuki Alie Sindir Setya Novanto: yah..Namanya Juga Usaha

    Rabu, April 12, 2017   No comments

Loading...
Ketua DPR RI Setya Novanto (Dok)

JAKARTA, SriwijayaAktual.com - Mantan Ketua DPR RI, Marzuki Alie, menyindir Setya Novanto yang mengajukan nota protes kepada Presiden Jokowi atas pencekalan dirinya oleh KPK. 

"Terserah yang bersangkutan, masing-masing. Yah..namanya juga  usaha. Presiden tak ada urusan dengan cegah tangkal. Itu urusan pengadilan, penegak hukum. Kalau presiden intervensi, ya sudah lah. Kita bukan negara hukum lagi," sindir Marzuki Alie saat dihubungi di Jakarta, Rabu (12/4/2017), dikutip rimanews.

Pimpinan DPR mengajukan nota protes kepada Presiden Jokowi terkait langkah KPK mencegah Novanto bepergian keluar negeri dalam penanganan kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP. Pimpinan DPR menilai pencekalan itu menghalangi tugas Novanto sebagai ketua lembaga tinggi negara. 

Marzuki menjelaskan, jika Novanto keberatan cekal KPK, seharusnya yang bersangkutan mengajukan gugatan atau praperadilan untuk mempertanyakan pencekalan.
"Tidak dengan kekuasaan, harus dengan hukum. Kalau ajukan nota keberatan, itu makai kekuasaan dan proses politik," ujarnya.

Politisi Demokrat itu menyebutkan, saat dirinya menjadi Ketua DPR RI, sejumlah anggota DPR RI dicekal oleh KPK, tapi pimpinan DPR RI kala itu tidak pernah mengajukan nota protes kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Saya mantan Ketua DPR tidak pernah urus yang begituan. Kader, menteri, anggota DPR dari Demokrat dicekal, kita tak pernah ajukan nota keberatan dan pencabutan cekal," ujarnya.

Dia mencontohkan saat anggota DPR RI, Budi Suprianto dari Fraksi Partai Golkar dicekal KPK, pimpinan DPR tidak bereaksi sama sekali.  

"Karena ini yang dicekal kan ketua. Kalau bicara soal kesetaraan hukum, harusnya sama. Kalau bicara politik lain, ya kepentingan yang lebih luas beda lagi," tutupnya. (*)


loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...