Loading...

Jumat, 07 April 2017

loading...

Mantap! Adek-adek ABK SLB ini, Ciptakan Batik Cap Kaleng Bekas

    Jumat, April 07, 2017   No comments

proses belajar membatik para siswa siswi TK Labschool Unnes
KENDAL-JATENG, SriwijayaAktual.com - Memiliki keterbelakangan mental bukan menjadi penghalang seseorang untuk berkreasi.  Buktinya, para anak berkebutuhan khusus (ABK) di Sekolah Luar Biasa (SLB) Surya Bangsa Limbangan mampu membuat Batik Kaleng Bekas.

Ya, para ABK ini menciptakan batik cap yang alat capnya dibuat dari plat kaleng. Ternyata lebih praktis dan hasilnya juga tak kalah menarik dengan batik cap pada umumnya. Justru hal itu untuk memudahkan siswa ABKD dalam membatik.

“Untuk membimbing anak-anak berkebutuhan khusus ini memang tidak mudah. dibutuhkan kesabaran ekstra, terutama bagi mereka anak yang hiperaktif,” Kepala SLB Surya Bangsa, Kuncoro, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Kamis (6/4/2017).

Dipilihnya batik cap dengan pertimbangan tidak beresiko bagi siswanya yang ABK. “Walaupun butuh waktu, tapi berkat kesabaran, akhirnya anak-anak bisa mengerjakan dengan baik. Hasilnya pun sudah bisa dijual atau dipasarkan,” tuturnya.

Hasil karyanya, selain dijual di kalangan sendiri, juga ada yang ditipkan di toko, mini market, dan juga kerap dipamerkan pada acara UMKM. “Lumayan laris, hasilnya diperuntukkan untuk kebutuhan mereka membantik lagi dan sebagian lainnya untuk siswa,” jelasnya, dikutip laman Beritajateng.net.

Sekda Kendal Bambang Dwiono mengatakan, pihak pemkab akan memberikan dukungan penuh bahkan secara khusus bagi anak-anak berkebutuhan. Juga membantu fasilitas atau tempat khusus untuk menjual produknya. “Kami akan upayakan pendampingan secara total, baik biaya pengembangan, pemasaran, pameran dan penjualannya,” kata Sekda Bambang.

Sementara itu, Ketua DPRD Kendal Prapto Utono berharap, agar pemerintah memfasilitasi dan mengambil langkah-langkah kongkrit bagi anak berkebutuhan khusus. Mulai dari pembinaan, pendanaan dan pemasaran hasil produk ABK.

“Pemasaran ini perlu, karena tanpa dibantu pemsaran. Sebab anak-anak itu tidak mungkin jualan sendiri,” tambahnya. (*)
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
loading...