PALEMBANG, SriwijayaAktual.com - Pemuda OKU Selatan (Posela)  Kota Palembang menyelenggarakan, Seminar kepemudaan dan kedaerahan Posela Palembang, bertema: "Peran Pemuda Dalam Mengembangkan Potensi Daerah OKU Selatan", dengan narasumber Syafarudin Bina dari perwakilan  Kementerian Agama Kabupaten OKU Selatan, Eduarken SP.d M.Si Kabid Ketenagaan  Dinas Pendidikan OKU Selatan dan Verri Wijaya Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya OKU Selatan, diruang Munaqosah Fakultas Ushuludin UIN RF Palembang, Sabtu  (15/4/2017), yang diikuti sekitar 100 mahasiswa  peserta seminar.

Dalam sambutan ketua pelaksana, Jhoni Iskandar, mengatakan,  diiharapkan pemuda ikut serta memberikan kontribusi terhadap kemajuan oku selatan

"Sementara itu, dalam sambutan Ketua Umum Posela Palembang yang diwakilkan oleh Wakil Ketua Abdan Gustin Tisa, mengatakan, bahwa peran pemuda dalam keberlangsungan bangsa, pemuda harus membekali ilmu untuk  mengembangkan potensi Kabupaten OKU Selatan, dan pemuda OKU Selatan mendukung pemerintah untuk memajukan OKU Selatan baik di bidang pariwisata maupun potensi lainnya."Pungkasnya.

Selain itu, dalam sambutan pengurus besar pemuda OKU Selatan, yang diwakilkan sekretaris umumnya, menurut Arif Prawita ada 3  point harapan Posela Palembang kepada pemerintah Kabupaten OKU Selatan, yakni: Pertama, di bidang pendidikan mahasiswa OKU Selatan  mengharapkan adanya beasiswa daerah layaknya mahasiswa mahasiswa kabupaten lain dan juga adanya fasilitas mess untuk mahasiswa oku selatan yang dalam hal ini menempuh pendidikan di Kota Palembang.

Kedua, di bidang Seni Budaya, Posela Palembang  mengharapkan pengembangan di sektor pariwisata hingga mampu bersaing dengan kabupaten lain, sehingga seluruh potensi wisata dan budaya yang ada d OKU  Selatan dapat termaksimalkan dan permintaan kepada dinas pariwisata OKU Selatan untuuk  melibatkan Posela Cabang Palembang dalam agenda dinas pariwisata.

Ketiga, di bidang keagamaan, Posela Palembang mendukung terciptanya pemuda yang memiliki pemahaman religius serta mengedepankan nilai-nilai keislaman yang modhorat, bukan nilai nilai ke islaman yang radikal."Tandasnya Arif.
Situasi atau Suasana Dalam Seminar

Sementara itu, dalam inti paparanya narasumber dari Kementerian Agama OKU Selatan,  Syafarudin Bina, mengatakan, berharap  adanya penguatan aqidah dan peran pemuda, sehingga dapat  membantu Negara meluruskan moral dengan berdakwah agama, karena moral tertinggi adalah agama."Pungkasnya.

Narasumseber dari Dinas Pendidikan OKU Selatan, Eduarken SP.d M.Si,  menyampaikan bahwa adanya kendala dalam hal merealisasikan program kerja pendidikan dalam rangka mengoptimalkan kinerjanya. "Beliau menyatakan terkendala karena sering terjadi pemadaman listrik di OKU Selatan."Ungkapnya.

Selain itu, narasumber dari Dinas Pariwisata dan Budaya OKU Selatan, Verri Wijaya menyampaikan perlunya pemerhatian khusus baik dari pemerintah Provinsi maupun Kabupaten dalan hal pembangunan infrastruktur jalan demi tercapainya serta teroptimalisasinya objek objek wisata yang ada di Kabupaten OKU Selatan."Harapnya. (Red/Rel)