Loading...

Rabu, 19 April 2017

loading...

SUBHANAALLAH...Sekolah di SD yang Terpencil, Siswi Ini Terbiasa Baca 50 Buku Setiap Bulan

    Rabu, April 19, 2017   No comments

Loading...
Foto: Istimewa

SIDRAP-SULSEL, SriwijayaAktual.com - Menumbuhkan minat baca di kalangan anak-anak masih menjadi pekerjaan rumah bagi pendidikan Indonesia. Di sisi lain, penyediaan buku-buku, khususnya di sekolah perlu ditingkatkan untuk menambah variasi bacaan siswa.

Meski sebagian anak-anak masih belum memiliki kecintaan membaca buku, seorang siswi kelas V di SDN 1 Rappang, Sidrap, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bernama Zakila justru punya kebiasaan sebaliknya. Bahkan, rata-rata dia mampu membaca 50 buku setiap bulan.

Tak hanya membaca, Zakila dapat menceritakan dengan baik buku-buku yang dibacanya. Menurut Kepala Sekolah SDN 1 Rappang, Hidayah, kebiasaan membaca siswinya itu tumbuh lantaran lingkungan keluarga yang besar.

"Keluarga Zakila adalah keluarga besar. Orangtuanya yang hanya bekerja sebagai tukang bangunan harus menghidupi 11 anaknya. Dia sempat tinggal bersama tantenya, lalu kembali lagi bersama keluarganya. Akhirnya dia lebih senang menghabiskan waktunya untuk membaca buku," tutur Hidayah dikutip dari siaran pers yang diterima Rabu (19/4/2017), dikutip okezone.

Sebagai anak kedelapan, sehari-hari Zakila jarang menonton TV. Namun, jika sudah asyik, dia bisa membaca buku hingga pukul 12.00 malam. Sayangnya, orangtua Zakila sendiri tak punya cukup uang untuk membeli banyak buku. Zakila pun hanya memanfaatkan buku-buku di sekolahnya untuk menuangkan hobinya itu.

"Buku yang tebal-tebal saya bisa habiskan dalam waktu setengah hari atau satu hari. Tapi kebanyakan buku cerita di sekolah tipis-tipis, sehingga paling butuh satu jam sampai dua jam saja," tutur Zakila.

Saat ini, Dinas Pendidikan Sidrap dengan asistensi USAID Prioritas berkolaborasi dengan stakeholder dan masyarakat menerapkan program budaya baca di sekolah. Program tersebut berupa membaca 15 menit sebelum pembelajaran dan menceritakan hasil bacaan selama 35 menit setiap hari Sabtu. Sementara di luar sekolah, kabupaten Sidrap juga mencanangkan untuk membangun taman-taman baca di ruang-ruang publik. (*)
"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...