Loading...

Selasa, 25 April 2017

loading...

Tanpa Digelarnya Replik dan Duplik, 9 Mei Vonis Kepada Ahok Dibacakan

    Selasa, April 25, 2017   No comments

Loading...
Ahok di sidang penistaan agama (Foto: Antara)

JAKARTA, SriwijayaAktual.com - Terdakwa perkara penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan langsung menghadapi putusan oleh Majelis Hakim pada sidang pembacaan vonis 9 Mei 2017 pekan depan.

Jadwal tersebut diputuskan Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarto setelah Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan tim pengacara Ahok sepakat tidak menggelar replik dan duplik yang harusnya dilaksanakan 2 Mei 2017 pekan depan. 

"Sesuai dengan jadwal maka putusan akan kami ucapkan pada Selasa, 9 Mei 2017. Untuk itu diperintahkan saudara terdakwa untuk hadir dalam sidang tersebut," ujar Dwiarso usai menggelar sidang dengan agenda pembacaan pledoi di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (25/4/2017), dikutip rimanews. 

Tidak digelarnya replik duplik lantaran jaksa langsung memberikan tanggapan usai Ahok dan tim pengacara membacakan nota pembelaan. Dalam tanggapannya, Ketua JPU Ali Mukartono menyebutkan bahwa apa yang disampaikan tim pengacara dalam pledoinya tidak ada fakta terbaru yang disampaikan.
"Ada sebagian pengulangan di materi eksepsi yang sudah diputus majelis hakim," ujar Ali. 


Menurutnya, keputusan JPU untuk membacakan replik saat ini juga sebagai pengganti jadwal yang pernah mundur akibat ketidaksiapan pihaknya menyusun tuntutan dua pekan lalu.

"Maka untuk menghindari pengulangan yang tidak perlu kami merasa apa yang kami sampaikan pada tuntutan sudah cukup. Pada prinsipnya kami tetap pada tuntutan sebagaimana surat tuntutan yang kami bacakan," ungkap Ali.

Dalam perkara ini jaksa dalam tuntutannya menjerat Ahok dengan Pasal alternatif 156 KUHP, dengan ancaman hukuman 1 tahun penjara dengan masa percobaan selama 2 tahun. (*)

"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...