Loading...

Rabu, 03 Mei 2017

loading...

'Aksi Unjuk Rasa 55' Tidak Perlu Dilakukan

    Rabu, Mei 03, 2017   No comments

Wakil Presiden RI H. Jusuf Kalla (Dok)

JAKARTA, SriwijayaAktual.com – Wakil Presiden RI H. Jusuf Kalla menilai, aksi massa turun ke jalan pada 5 Mei 2017 atau “Aksi 55” tidak perlu dilakukan. Sebagaimana diketahui, aksi 55 yang direncanakan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) diklaim untuk mengawal sidang pembacaan vonis kasus penodaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang menyinggung Surat Al Maidah pada 9 Mei 2017 mendatang.

“Pemerintah menganggap itu tidak perlu lagi, itu urusannya pengadilan, tapi sulit juga kita batasi seperti itu akibat ada di undang-undang,” kata Wapres usai membuka acara peringatan Hari Kebebasan Pers Sedunia 2017 di Balai Sidang Jakarta (JCC), Rabu (3/5/2017).

Adapun Undang-Undang yang dimaksud JK adalah UU No.9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.
“Sehingga, apabila ada masyarakat yang ingin melakukan aksi 505 maka itu hak mereka, dan ini bagian daripada kebebasan dalam demokrasi,” imbuhnya.

Meskipun demikian, JK tetap mengimbau agar GNPF-MUI selaku penyelenggara aksi 55 harus menaati peraturan yang berlaku dan mengikuti arahan dari pihak keamanan.

“Jadi, silakan saja, tetapi ada aturannya, jamnya terbatas, jalannya terbatas, juga jumlahnya harus juga dibatasi, gaduhnya tidak boleh, dan kalau melanggar keamanan, ditangkap,” ujar Wapres. (***/cp)

loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
loading...