Loading...

Rabu, 17 Mei 2017

loading...

Video - Monster di Tepi Pantai Hulung Pulau Seram Ternyata Bukan Cumi Raksasa. Apa Itu?

    Rabu, Mei 17, 2017   No comments

Loading...
Gak perlu penasaran lagi dengan identitas makhluk terdampar ini
upgruv.com

SriwijayaAktual.com - Kemungkinan besar kamu sempat mendengarkan perdebatan tentang "monster" yang terdampar di tepi pantai Pulau Seram, Maluku, Indonesia. Karena hal tersebut sempat menjadi perdebatan di dunia maya mengenai apa sebenarnya itu. Seorang penduduk Pulau Seram menemukan sebuah bangkai raksasa yang hanyut ke pinggiran pantai di Hari Selasa malam, 9 Mei 2017. Asrul Tanakota, 37 tahun, awalnya mengira bahwa makhluk itu adalah kapal yang terdampar karena dalam kondisi gelap, tapi kemudian menyadari bahwa itu tubuh yang membusuk dari hewan mati.
mashable.com

Banyak laporan yang mengatakan bahwa itu adalah cumi-cumi raksasa sepanjang 49 kaki (atau sekitar 14,9 meter) yang mati setidaknya 3 hari sebelum ditemukan. Namun ternyata laporan tersebut salah dan harus diralat. Jadi makhluk apa itu sebenarnya? Semua akan dijelaskan di sini!

Sebelum tahu lebih lanjut makhluk apa itu sebenarnya, ini adalah fakta-fakta yang perlu kamu tahu soal cumi raksasa.
indianexpress.com

Jika hewan tersebut adalah cumi-cumi, maka bangkai ini adalah contoh spesimen yang sangat besar. Karena cumi-cumi raksasa tumbuh besar sampai 33 kaki (atau sekitar 10 meter) ketika tumbuh maksimal. Mereka juga dikenal sebagai invertebrata terbesar di bumi. Makhluk berkaki 8 tersebut sangat jarang terlihat dan sebagian besar informasi yang para peneliti tahu tentang hewan laut ini didapatkan dari menemukan bangkainya yang tersapu ke pinggiran pantai.
lmtonline.com

Cumi raksasa dan kerabatnya, cumi kolosal, memiliki mata terbesar di dunia hewan yaitu 10 inchi (sekitar 24,5 cm) dalam diameternya, yang membantu mereka melihat di kedalaman laut. Mereka terkenal dengan cirinya 8 kaki dan 2 cambuk seperti tentakel yang digunakan untuk menangkap makanan, yaitu: udang, ikan dan cumi lainnya ke mulutnya yang seperti paruh. Sesuatu yang juga digunakannya untuk menyerang dan berburu mangsa paus kecil.

Menurut para ahli kelautan, makhluk misterius ini bukan cumi-cumi raksasa.
ktla.com

Ahli kelautan yang memeriksa gambar dari makhluk misterius yang terdampar di pesisir Indonesia ini berpikir bahwa hewan tersebut bukan cumi raksasa, tapi adalah salah satu tipe paus. Regina Asmutis-Silvia selaku direktur eksekutif konservasi paus dan lumba-lumba mengatakan bahwa cumi raksasa adalah invertebrata dan tulang-tulang mereka bisa jelas terlihat (rahang, tengkorak dan tulang belakang), jadi ia cukup yakin bahwa itu adalah salah satu tipe dari paus rorqual (atau paus baleen). Beberapa tipe dari paus baleen (rorqual) memiliki "alur ventral" yang memanjang dari dagu ke pusarnya. Itu adalah jaringan elastis yang merengggang ketika mereka makan.

Ada fitur yang jelas-jelas menunjukkan bahwa makhluk raksasa tersebut adalah salah satu tipe paus baleen.
yahoo.com

Rob Deaville selaku Manajer Proyek Program Investigasi Strandion Cetacean UK juga mengatakan bahwa bagian tubuh yang tersisa benar-benar terlihat seperti paus baleen karena menunjukkan karakteristik yang dimiliki oleh makhluk tersebut, yang gak dimiliki oleh vertebrata seperti cumi. Paus baleen dikenal dari dua lubang nafas yang bisa terlihat di puncak atas kepalanya.

Uji laboratorium dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut detail spesies dan tipenya, agar ada bukti otentik tertulisnya.
keywordsuggests.com

Edith Widder dari Ocean Research & Conservation Association, mengakui bahwa mengetahui makhluk apa itu sangat susah jika hanya dari gambarnya saja. Namun beberapa foto jelas-jelas menunjukkan tampilan lempengan baleen. Baleen terbuat dari Keratin, protein yang sama yang ditemukan di rambut dan kuku manusia.
Ini Videonya (***)

Paus Baleen, seperti halnya paus punggung bongkok, memiliki sekitar 600 lempengan baleen di rahang atas yang bekerja seperti saringan saat mereka makan. Rambut pada lempengan-lempengan baleen menyaring air laut yang gak bisa dikonsumsi oleh paus ketika mereka menangkap ikan dan plankton. Uji laboratorium membuktikan spesies dari makhluk misterius ini dan perlu dilakukan untuk mengonfirmasi jenis khususnya. Jadi sudah jelas kan itu makhluk apa? Jangan khawatir lagi kita akan diinvasi dengan berbagai monster raksasa. (science.idntimes)

Berita Terkait: GEGER!!! Cumi-cumi Raksasa 35Ton Terdampar di Pantai, ini Foto-fotonya...

loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...