Loading...

Selasa, 06 Juni 2017

loading...

Hemmm...Keren Gokil!!!, Ini Bukber Ala Batarangin Ponorogo

    Selasa, Juni 06, 2017   No comments

Loading...


PONOROGO-JATIM, SriwijayaAktual.com - Bulan ramadhan, bukan berarti kebudayaan di Ponorogo berkurang. Justru semakin semarak. Seperti yang dilakukan masyarakat Bataranging, Kauman, Kabupaten  Ponorogo, Provinsi Jawa Timur (Jatim). Puluhan orang, dari kecil sampai besar tumplek blek di lapangan Bantarangin.

Bukan tanpa arti, mereka melakukan buka bersama. Uniknya, bukber yang biasa dilakukan di rumah, dengan hidangan super istimewa. Kali ini masyarakat Bantarangin mengemas berbeda.

Mereka terlihat menggelar 100 meter daun pisang. Kemudian menumpahkan bekal yang sudah dibawa dari rumah. Ada yang membawa lauk ayam goreng, lele, namun juga ada yang hanya membawa nasi berlauk tempe dan tahu.

Namun terlihat guyub rukun. Mereka tetap makan bersama di atas daun pisang di bawah langit Ponorogo yang cukup cerah.

"Ini tradisi kami. Makan bersama. Semua membawa bekal dan makan bersama. Tidak ada orang kaya tidak ada orang miskin. Semua sama," kata Wisnu HP, koordinator bukber, Minggu (4/6/2017) sebagaimana dilansir beritajatim.

Dia mengaku, ini merupakan cermin masyarakat Ponorogo adem. Tidak ada saling celaka. Apalagi di bulan penuh berkah seperti Ramadan.

Sementara, salah satu warga, Ismayana, menjelaskan, menyiapkan lauk istimewa. Namun bukan untuk dirinya sendiri. Melainkan untuk orang lain juga.

"Sistem makannya kroyokan. Jadi saya menyiapkan banyak. Biar semua bisa merasakan. Terutama yang di samping-samping saya,"  pungkasnya. (*)


"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...