SLEMAN-DI YOGYAKARTA, SriwijayaAktual.com - Beberapa waktu terakhir muncul informasi perihal kunjungan mantan presiden Amerika Serikat Barrack Obama ke Yogyakarta dan Bali antara rentang waktu 28-30 Juni 2017. Namun, hingga Rabu (21/6/2017), belum ada kepastian terkait kelanjutan kunjungan mantan presiden yang juga sempat tinggal di Indonesia tersebut.

Liza Anindya R, Humas PT Angksapura I Bandara Adisutjipto kepada wartawan mengungkap pihaknya belum bisa memastikan kedatangan Obama melalui Bandara Internasional Adisutjipto. Pihaknya mengaku belum mendapat informasi resmi terkait kepastian kunjungan mantan orang nomor satu di AS tersebut.

"Kalau jadi datang pasti ada koordinasi dari Lanud Adisutjipto dan Korem 072 Pamungkas, tapi memang belum ada informasi resmi perihal kunjungan Obama. Biasanya kalau ada tamu VIP kenegaraan ada koordinasi dengan instansi terkait tapi hingga hari ini belum," terangnya ketika ditemui di kantor Angkasapura I.

Apabila nantinya memang Obama jadi ke Yogyakarta dan melalui Bandara Adisutjipto, pihak Angkasapura I sudah memiliki Standar Operasional Prosedure (SOP) untuk tamu-tamu VIP Kenegaraan. "Di bandara misalnya ada ruangan khusus untuk tamu VIP, jadi memang pada dasarnya kami sudah siap apabila memang benar Obama akan datang ke Yogya," lanjutnya.

Sebelumnya, Pemda DIY melalui Kabid Humas Komunikasi dan Informatika Amiarsi Harwani mengungkap adanya rencana pertemuan Barrack Obama dengan Gubernur DIY yang juga Raja Kraton Yogyakarta Sri Sultan HB X. Namun memang belum disebutkan kapan pertemuan tersebut akan dilaksanakan dan di mana lokasinya. (Fxh/KRjogja)