Loading...

Kamis, 27 Juli 2017

loading...

Kabupaten PALI Sangat Kekurangan Guru PNS

    Kamis, Juli 27, 2017   No comments


PALI-SUMSEL, SriwijayaAktual.com - Sekolah Dasar Negeri 39 (SD N 39) Talang Ubi, Kabupaten Penungkal Abab Lematang Ilir (PALI), Provinsi Sumatera Selatan, yang tepat letaknya di wilayah Desa Persiapan Jerambah Besi, Hingga saat ini masih kekurangan tenaga pengajar PNS , sehingga menjadi sorotan public.

Saat dikonfirmasi kepada Ketua Komite SD N 39 Talang Ubi, Abu Umar, mengatakan,  SD N 39 yang terbagi menjadi 8 kelas dengan ruang belajar hanya 4 ruangan ini hanya  ada satu PNS di sekolah tersebut. Status PNS itu karena menjabat  kepala sekolah. Sehingga  untuk proses mengajar siswa di  sekolah dilakukan seluruhnya oleh tenaga honorer yang jumlahnya ada 11 orang.

Hal tersebut  memang tidak mengganggu proses belajar mengajar pada sekolah bersangkutan. Namun  sejumlah tokoh masyarakat menilai kualitas pendidikan di Kabupaten PALI   belum dapat  maksimal serta meyakinkan.

“Meskipun tidak ada kendala dalam proses belajar mengajar, dan bukan berarti merendahkan tenaga guru honorer.  Namun, kualitas pendidikan di daerah pelosok yang kekurangan guru PNS tentu  jauh tertinggal dengan wilayah Pendopo, Kecamatan Talang Ubi, Ibu Kota Kabupatan  PALI.”Katanya Umar , Rabu (26/7/2017) dikutip dari tribunsumsel.

Menurutnya Umar, Apabila   di SD N 39  ada guru PNS, ilmu yang dimiliki guru PNS dapat saja tidak hanya diturunkan kepada murid-muridnya saja, tetapi guru honorer juga dapat  menimba pengalaman dari guru yang statusnya PNS.

“Meminta kepada Pemkab PALI, bahwa tenaga pendidik atau guru  jangan menumpuk di perkotaan Kabupaten PALI saja. Namun, perlu disebar ke pelosok desa supaya  anak di desa mendapatkan hak yang sama dengan anak di perkotaan. Sehingga proses  pendidikan di Kabupaten PALI merata secara kualitas tenaga pendidiknya.”Tandasnya.

Sementara itu, salah satu guru honorer di SD N 39 Talang Ubi, Pawaka, mengatakan, menginginkan hal sama. Sebagai guru honorer  pasti berupaya bekerja dan mendidik semaksimal mungkin, akan tetapi alangkah baiknya di SD N 39  ada satu atau lebih guru PNS. Karena  pengalaman guru honorer  terbatas  yang dengan hanya lulusan SMA. Selama ini di sekolah SD N 39 Talang Ubi  hanya kepala sekolahnya saja yang PNS.”Pungkasnya.
Suasana SDN 39 Desa Jeramba Besi, Talang Ubi sedang‎ mengikuti upacara di lapangan sekolah (Tribunsumsel.com/Ari Wibowo)

Selain itu, saat dikonfirmasi secara terpisah kepada Plt. Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Ka.Disdiknas) Kabupaten PALI,  Kamriadi, mengatakan, Membenarkan atas  kekurangan tenaga pendidik atau guru  dari PNS. Namun, hal itu sementara ini dapat ditutupi dengan tenaga pengajar honorer.

Secara umum, bahwa  kekurangan tenaga pengajar  guru PNS, tidak dapat  disalahkan, karena kuota nasional tidak banyak, bukan di Kabupaten PALI saja,  tetapi secara nasional, yang diinginkan 3.000  guru, namun  diterima 100 guru saat penerimaan  CPNS 2014 lalu.  Sehinga seluruhnya rata-rata kekurangan guru PNS.”Tuturnya.

Berharap kedepan adanya penerimaan CPNS guru diperbanyak khususnya di Kabupaten PALI, mengingat jumlah guru non PNS lebih dominan dari guru PNS. “Di Kabupaten PALI, untuk jumlah guru SD PNS 578 dan non PNS guru SD 638 dan guru SMP PNS 133 dan non PNS 340.”Tandasnya. (Red) 


loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
loading...