Loading...

Senin, 31 Juli 2017

loading...

Ketum MUI: Dana Haji Dapat Saja Untuk Investasi Jika Penuhi Dua Syarat, ini...

    Senin, Juli 31, 2017   No comments

Ilustrasi

DI-YOGYAKARTA, SriwijayaAktual.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan dana haji boleh diinvestasikan pemerintah sebagai penyelenggara negara. Namun, ada dua syarat apabila dana tersebut hendak dipakai.

Ketua Umum MUI, Ma'ruf Amin mengatakan syarat pertama yakni investasi tersebut bisa dijamin keamanannya. Tak hanya aman, tetapi juga tak berpotensi menyebabkan kerugian.

"(Dana haji) bisa untuk investasi apabila yang dikerjakan sifatnya aman. Jadi tidak ada masalah dan sah," kata Ma'ruf di salah satu hotel di Jalan Timoho, Yogyakarta, Sabtu  (29/7/2017) malam, dikutip dari metrotv.

Lalu, syarat yang kedua yakni sesuai dengan ketentuan syariah. Ma'ruf menuturkan maksud dari sesuai dengan syariah yakni investasi yang dilakukan tidak mengandung unsur-unsur riba dan hal yang sesuai syariah lain.

"Dana (haji) itu selama ini ditaruh di bank-bank syariah dan disimpan menjadi Surat Berharga Syariah Negara atau SBSN. Dan sudah ada badan yang mengelola," kata Rais 'Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini. 

Berita Terkait: Jika Jokowi Gunakan Dana Haji untuk Pembangunan Infrastruktur, itu "MELANGGAR UU & DAPAT DILAKNAT ALLAH SWT"

Sebelum dana haji digunakan untuk investasi, ia menambahkan, juga harus sudah melewati persetujuan badan pengelola dana haji. Badan tersebutkan yang membahas dan menyeleksi penggunaan untuk investasi jenis apa saja yang diperbolehkan.

"Badan ini yang nanti menetapkan. Secara umum, dana haji jika akan digunakan untuk investasi harus aman dan sesuai syariah," tegas dia.

Pemerintah sebelumnya berencana menggunakan dana haji untuk berinvestasi. Sejumlah investasi yang dimaksud untuk infrastruktur jalan tol hingga pelabuhan.  (*) 

loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
loading...