Loading...

Kamis, 20 Juli 2017

loading...

Pesawat Tanpa Awak Karya Mahasiswa UGM Sabet Juara di Turki

    Kamis, Juli 20, 2017   No comments

Foto: Dok UGM

DI-YOGYAKARTA, SriwijayaAktual.com - Mahasiswa Indonesia kembali meraih prestasi yang membanggakan di kancah internasional. Kali ini kebanggaan itu dibawa oleh mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) yang meraih juara 3 di ajang Unamenned Aerial Vehicle (UAV) Turkey Competition 2017 yang diselenggaarakan di Ankara, Turki.

Di kompetisi yang diadakan pada 13-16 Juli tersebut, mahasiswa yang tergabung dalam Tim Gamaforce UGM itu memamerkan pesawat tanpa awak-nya di Turkish Aircraft Industries Corporation (TUSAS). Pesawat tanpa awak ala UGM tersebut dinamai Rasayana yang berlaga di kategori fixed wing.

"Alhamdulillah setelah perjuangan panjang kami bisa mempersembahkan juara tiga dalam kontes robot internasional ini," ujar Ketua Tim Gamaforce, Rifyal Garda seperti dilansir dari laman UGM, Kamis (20/7/2017).

Ia juga mengaku bangga telah membuat timnya ini melaju hingga babak pemenangan dan akhirnya berhasil menduduki posisi ketiga.
"Bangga bisa mengharumkan UGM dan Indonesia di kancah internasional," imbuhnya.

Di kompetisi pesawat tanpa awak tersebut, Tim Gamaforce sendiri bersaing dengan 400 tim dari berbagai penjuru dunia dan satu-satunya tim dari Indonesia yang berhasil melenggang hingga tahap akhir.

Pesawat rakitan mahasiswa tersebut memiliki kemampuan jelajah hingga 100 kilometer dan mempunyai kekuatan terbang di udara selama 10 menit. Karena tanpa awak, pesawat ini terbang dengan kendali jarak jauh berupa remote control dan GPS.

Sementara Dosen Pembimbing Tim Gamaforce, Gesang Nugroho mengaku bersyukur dengan capaian yang diraih para mahasiswanya di ajang internasional ini.
"Capaian ini berhasil diraih dengan perjuangan, kerja keras, dan dukungan dari berbagai pihak. Terima kasih," ungkapnya.(*)

loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
loading...