Loading...

Selasa, 18 Juli 2017

loading...

woOW! Mahasiswa ini Olah Apel Jadi Pasta Gigi

    Selasa, Juli 18, 2017   No comments

Loading...
Ilustrasi

SURABAYA-JATIM, SriwijayaAktual.com  - Seorang mahasiswa di Surabaya berinovasi dengan mengolah ekstrak buah apel menalagi menjadi sebuah pasta gigi.

Pengembangan itu dilakukan Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FF UKWMS) Luh Putu Widiasih Wijayanti Tusan.

Ditemui di kampus setempat, Selasa (18/7/2017), Widia sapaan akrabnya mengatakan dirinya terinspirasi untuk membuat pasta gigi dari apel manalagi yang diberi nama Apple Dyne dilatarbelakangi dari pengalamannya makan apel hijau yang meninggalkan perasaan kesat di gigi.

"Ternyata, apel punya khasiat antibakteri Streptococcus mutans penyebab plak gigi. Mengonsumsi apel Malang secara rutin mestinya bisa membantu kita mencegah karies, tapi buah apel sendiri kan banyak mengandung gula dan zat lainnya, sehingga ada kemungkinan manfaatnya tidak bisa kita rasakan secara langsung," ujarnya, dikutip dari antaranews.

Widia menjelaskan, kelebihan Apple Dyne dibandingkan pasta gigi yang sudah ada di pasaran antara lain adalah lebih alami karena menggunakan bahan alam, selain itu risiko iritasi akibat penggunaan rutin juga lebih sedikit. "Bila menggunakan pasta gigi buatan saya ini, orang tidak akan mudah terkena sariawan," kata Widia.

Pasta gigi buatannya ini terdiri dari beberapa komposisi bahan yakni Carboner 940, Kalsium Karbonat, Gliserin, Sorbito, Cocamidopropyl Betaine, Natrium Sakarin. Selain itu ada Minyak Permen, Metil Paraben, Propil Paraben, Natrium Metasulfit, Trietanolamin dan Aquadest.

Untuk cara pembuatannya, Widia menjelaskan, buah apel dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian dilakukan perajangan dan ditipiskan supaya proses pengeringannya mudah. Dalam proses pengeringan itu menggunakan oven pada suhu 50 derajat celcius dan dilakukan sampai benar-benar kering dalam waktu satu sampai dua hari.

"Setelah itu diblender dan pengayakan. Selanjutnya dilakukan proses masarasi. Masarasi dibantu dengan pelarut etanol, kemudian dilakukan penguapan hingga terbentuk ekstra kental dan formulasikan menjadi pasta gigi," ujarnya.

Widia menuturkan, butuh waktu enam bulan untuk membuat pasta gigi ini dimulai dari idenya. Untuk proses pembuatannya, dirinya mengaku tak banyak menemui kendala, hanya saja buah apel manalagi khas Malang (Batu, red) ini yang susah didapat.

"Di Surabaya, susah untuk dapat mencari buah apel manalagi yang diinginkan dengan tekstur dan ukuran yang sesuai. Kebanyakan yang ada di pasar adalah apel impor," ucapnya.

Widia berharap, pasta gigi Aple Dyne buatannya ini ke depan dapat dipatenkan sehingga bisa dikembangkan lebih lanjut.

Dosen Fakultas Farmasi yang juga dosen pembimbing Widia, Farida Lanawati Darsono M.SC mengakui masih ada beberapa kekurangan dari pasta gigi buatan mahasiswinya itu terutama dalam tekstur yang harus diperbaiki. "Untuk konsistensi pasta gigi ini masih kurang padat. Di bagian lain sudah tercampur semua, dan proses lain seperti penyimpanannya relatif stabil," kata Farida.

Farida berharap, ke depan kalau mahasiswanya ingin melakukan proses pengembangan, yang pertama perlu diperbaiki kepadatannya. "Yang lainnya perlu diujikan seberapa jauh efektivitas untuk menghilangkan karies dan plak gigi. Kalau sudah dua itu berarti siap untuk diproduksi," tutur Farida. (*)


loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...