Loading...

Minggu, 06 Agustus 2017

loading...

CATAT!!! "Pernyataan Sikap HMI Unsri Atas Kericuhan Aksi Unjuk Rasa yang Mengatasnamakan Aliansi Peduli UKT Semester 9"

    Minggu, Agustus 06, 2017   No comments

Loading...


SURAT PERNYATAAN SIKAP HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM (HMI) KOMISARIAT SRIWIJAYA 
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
TENTANG KERICUHAN YANG TERJADI PADA SAAT AKSI PENOLAKAN PEMBAYARAN UKT PENUH SEMESTER 9
Assalamualaikum Wr.WB.

PALEMBANG, SriwijayaAktual.com - Kampus merupakan tempat berkembangnya segala bentuk pengetahuan merupakan rumah singgah bagi kaum intelektual pada masa pendidikannya. Pusat pendidikan tingkat tinggi ini tergambar sebagai sarang manusia-manusia kritis yang selalu haus dengan pengetahuan, bergerak berdasarkan kepahaman, dan berjuang atas asas keberpihakan. Iklim yang penuh khasanah intelektual tersebut menjadi fenomena yang tak terlepas dari semua unsur yang hidup dan beraktivitas di dalam kampus. Di sana ada mahasiswa, dosen, birokrasi kampus dan beberapa orang yang menggantungkan hidupnya sebagai pegawai atau pekerja. Dalam perspektif konstruktivisme, proses transaksi ide-ide perubahan dan gagasan yang revolusioner dari mahasiswa terbentuk dari interaksinya dengan semua elemen yang ada di dalam kampus. 

Mahasiswa, sebagai salah satu unsur terpenting dalam kehidupan kampus, tentu memiliki hak untuk terlibat dalam pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan di kampus. Mahasiswa juga berhak untuk terlibat dalam merumuskan kebijakan yang mendukung dalam peningkatan kualitas intelektual, serta terlibat dalam mentransformasikan dan memperbarui sistem pendidikan yang diterapkan. Singkatnya, mahasiswa sebagai bagian dari kampus menjadi pelaku aktif dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan yang mencerahkan dan mencerdaskan. 

Kamis (3 Agustus 2017)  rekan-rekan mahasiswa Universitas Sriwijaya yang tergabung dalam Aliansi Peduli UKT Semester 9 melakukan Aksi penolakan pembayaran UKT semester 9 secara penuh yang di kawal petugas keaman kampus dan kepolisian sebagai konsekunsi dari surat pemeberitahuan yang disampaikan pihak BEM dan Rektorat Universitas Sriwijaya. Namun ditengah perjalan aksi, dimana polisi sebagai comunmunity justice bukan alat represif securty yang mana sikap polisi seharusnya persuasif dan defensif malah mencidrai hak mahasiswa dalam menyampaikan aspirasi dengan melakukan tindakan represi pemukulan kepada rekan mahasiswa. 

Baca Juga: "UKT Ku Sayang, UKT ku Malang"

Maka dari itu kami HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM (HMI) KOMISARIAT SRIWIJAYA UNIVERSITAS SRIWIJAYA menyatakan sikap:

1. Mengecam tindakan represif yang dilakukan oknum polisi dan oknum karyawan Universitas Sriwijaya serta mengawal hal ini sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku.

2. Menuntut institusi kepolisian dalam hal ini Kapolres Ogan Ilir untuk mengeluarkan Permintaan maaf secara resmi kepada elemen mahasiswa.

3. Menghimbau rekan-rekan mahasiswa untuk mengedepankan nalari ntlektual dan Etika dalam menyampaikan apirasi.

4. Menghimbau rekan-rekan mahasiswa yang dinon-aktifkan untuk melakukan Mediasi dengan pihak rektorat sebagai upaya penyelesaian masalah.  

5. Membentuk tim verifikasi bersama bagi mahasiswa Unsri yang mempunyai kesulitan dalam pembayaranUKT.

6. Menghimbau rekan-rekan mahasiswa unsri untuk tidak ikut aksi apabila tidak paham betul akan permasalahan yang ada.

7. Mengajak seluruh elemen civitasak ademika unsri terkhusus Rektorat dan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Sriwijaya untuk melakukan usaha-usaha mengembalikan suasana yang kondusif di unsri mengingat proses belajar mengajar akan dimulai.   

8. Mengecam tindakan-tindakan provokatif yang salah satunya dilakukan KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) Pengurus Pusat yang membuat situasi semakin tidak kondusif serta tidak menyentuh akar permasalahan.

9. Menuntut pemerintah mengevaluasi kebijakan UKT mengingat kejadian-kejadian Dibeberapa kampus yang ada di Indonesia khususnya dikampus unsri yang Disebabkan masih banyaknya permasalahan dalam kebijakanUKT Dalam TEMPO Tiga bulan.`

Demikian pernyataan ini kami buat agar diperhatikan dan ditindak-lanjuti dengan sebaik-baiknya.
Billahitaufiqwalhidayah
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Indralaya, 6 Agustus 2017
PENGURUS HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM (HMI)
KOMISARIAT SRIWIJAYA, UNIVERSITAS SRIWIJAYA
SUGENG BUDIARSO  (Ketua Umum), SEPTI HERMIALINGGA (Sekretaris Umum). (Rel)
 
1
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...