Loading...

Minggu, 20 Agustus 2017

loading...

'Negara Malaysia Sengaja Provokasi Indonesia'?

    Minggu, Agustus 20, 2017   No comments

Loading...
Ilustrasi
KUALA LUMPUR-MALAYSIA, SriwijayaAktual.com - Insiden memalukan yang mengusik rasa nasionalisme terjadi di tengah meriahnya pesta pembukaan SEA Games (SEAG) 2017. Bendera Indonesia yang tercetak dalam buku panduan pelaksanaan SEA Games (SEAG) 2017 di Malaysia, 19-30 Agustus itu ditemukan terbalik.
Bendera adalah lambang kebesaran suatu negara, simbol perwujudan dan kedaulatan sebuah wilayah suatu negara. Pantas saja bila Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi akan melayangkan protes kepada Malaysia sebagai penyelenggara SEA Games 2017.

Peristiwa yang terjadi di bulan kemerdekaan Agustus ini tentunya mengusik rasa kebangsaan rakyat Indonesia yang baru saja merayakan HUT RI yang 72. Kita bisa melihat antusiasme mereka yang luarbiasa dalam perayaan HUT RI melalui media sosial baik di facebook maupun twitter. Mereka mengungkapkan kebanggan dan rasa syukur yang mendalam, karena telah menjadi bagian dari NKRI. Oleh karena itu, pihak penyelenggara harus mengklarifikasi atas peristiwa ini.

Peristiwa yang mengusik rasa nasionalisme bangsa Indonesia sebelumnya juga terjadi ketika Petugas Pengamanan Perbatasan menemukan patok F 210 yang berlokasi di kawasan Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat dijadikan lapangan golf oleh pebisnis asal Malaysia.

Dari temuan tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan patroli bersama antara TNI AD dengan pihak militer Malaysia. Saat patroli bersama, didapati patok tersebut  berada di kawasan wisata Borneo Highland, Sarawak, berada di lapangan golf tersebut. Mestinya tapal batas harus steril segala bentuk bangunan apapun.  

Peristiwa pelecehan terhadap lambang kebesaran negara ini tidak hanya menciderai pembukaan kejuaraan dua tahunan yang berlangsung meriah di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu kemarin, namun juga mengusik rasa kebangsaan kita.

Keteledoran dan kecerobohan pihak penyelenggara ini ditemukan Menpora Imam Nahrawi secara langsung melihat kondisi bendera Indonesia yaitu Merah Putih yang dicetak terbaik menjadi Putih Merah. Pantas saja Menpora menyatakan dengan tegas akan melayangkan protes mengingat cetakan bendera terbalik yang berada dalam halaman 80 buku dibagikan pada pejabat yang hadir bahkan disaksikan jutaan orang.

Bahkan, atas temuan tersebut Menpora langsung berkoordinasi dengan lintas kementerian seperti Menko PMK, Menkumham hingga perwakilan kepolisian yang kebetulah juga berada di lokasi pembukaan kejuaraan dua tahunan paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut.

Pemerintah Malaysia harus mengklarifikasi atas peristiwa ini dan permintaan maaf secara langsung mengingat hal ini terjadi pada event olah yang besar untuk meredam kemungkinan dampak yang ditimbulkan akibat insiden tersebut.
Buku souvenir SEA Games 2017 Malaysia,  salah cetak soal warna bendera Indonesia.

Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Minta Maaf serta  Akan Temui Imam Nahrawi
Panitia SEA Games 2017 serta Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia meminta maaf terkait terbaliknya bendera Indonesia. Mereka juga akan menemui Imam Nahrawi.

Buku souvenir SEA Games 2017 salah cetak soal warna bendera Indonesia. Warna yang harusnya merah putih, terbalik menjadi putih merah.

Menpora Imam Nahrawi dengan kesal memperlihatkannya di Twitter. Hal itu lantas menjadi viral yang mengundang kemarahan warganet Indonesia.

Penyelenggara SEA Games Malaysia (MASOC) menyesali insiden itu. Mereka akan mengadapi Menpora Imam Nahrawi untuk meminta maaf secara langsung.

“Kami ingin memohon maaf kepada rakyat Indonesia atas kesalahan yang tidak disengaja dalam mencetak bendera Indonesia dalam buku cenderamata tersebut,” tuturnya Masoc memberi pernyataan, seperti dilansir detikcom.

Panitia penyelenggara serta Menteri Pemuda dan Olahraga YB Brig Jen Khairy Jamaluddin akan membuat kunjungan hormat kepada Imam Nahrawi esok hari untuk sekali lagi meminta maaf.

“Kesalahan ini amat disesali dan kami percaya hubungan erat di antara dua negara ini akan lebih kuat di bawah semangat olahraga Asia Tenggara,” Masoc menambahkan.


Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menanggapi insiden terbaliknya bendera Indonesia di SEA Games 2017 Malaysia. Ada lima poin yang ia sampaikan.

1. Saya mengikuti prosesi upacara pembukaan SEA Games 2017, dan duduk di barisan tamu dan undangan, menerima special souvenir yang isinya sejumlah merchandise dari panitia pelaksana.

2. Di tengah-tengah berlangsungnya kemeriahan acara pembukaan SEA Games 2017, ada kejadian yang membuat terkejut saat menemukan Buku Panduan yang mencantumkan Bendera Indonesia dalam keadaan terbalik yang memuat informasi negara-negara yang pernah menjadi tuan rumah SEA Games.

3. Saya menyesali peristiwa yang terjadi di tengah-tengah peristiwa yang sangat bersejarah di kawasan Asia Tenggara ini. Pesta olahraga bangsa-bangsa yang mengusung semangat persaudaraan dan persahabatan.

4. Saya tidak mengetahui apakah ini faktor kesengajaan atau tidak, namun saya yakin tamu-tamu dan undangan negara lain juga telah melihatnya. Saya belum mendengar informasi apakah buku ini akan dicabut atau direvisi dan sebagainya. Namun bagi saya persoalan pencantuman terbaliknya bendera ini menyangkut harkat dan martabat bangsa.

5. Bendera Merah Putih sangat mudah warnanya dibandingkan dengan bendera negara lain yang lebih rumit, sementara negara lain yang benderanya lebih rumit tidak terbalik dalam penempatannya.

Malaysia sendiri sudah menyatakan permintaan maafnya kepada Indonesia. Menpora Malaysia, Khairy Jamaluddin, sempat membalas kicauan Imam yang isinya menyesali insiden tersebut. (Rima/Detik)

loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...