SriwijayaAktual.com - HASIL penelitian mengungkapkan studi yang mengejutkan mengenai negara paling tidak sehat di dunia. Berdasarkan analisis konsumsi alkohol, penggunaan tembakau dan prevalensi obesitas di 179 negara di seluruh dunia, Republik Ceko dinobatkan sebagai negara yang paling tidak sehat di dunia.

Penelitian ini dilakukan oleh Clinic Compare yang mengumpulkan data dari World Health Organization (WHO). Penelitian mengatakan, orang-orang Republik Ceko telah keluar sebagai peminum terbesar di dunia, yang telah mendorong mereka untuk mendapatkan label negara paling tidak sehat di seluruh dunia.

Dilaporkan, orang-orang Republik Ceko bisa mengonsumsi 13,7 liter alkohol per tahun. Hal itu artinya 550 shot (gelas kecil) atau 1,5 shots per hari. Selain itu, Republik Ceko juga muncul di peringkat ke-11 untuk konsumsi tembakau.

Dikutip dari Zeenews, setelah Republik Ceko, ada berturut-turut ada Rusia, Slovenia, Belarus, Slovakia, Hungaria. Hal ini juga menunjukkan, Eropa Timur sebagai wilayah paling tidak sehat di dunia, menempati 9 dari 10 tempat teratas. Satu pengecualian adalah Amerika Serikat yang berada di peringat 10 bersama dengan Lithuania.

Berikut daftar lengkap 20 negara paling tidak sehat di dunia:
1. Republik Ceko
2. Rusia
3, Slovenia
4. Belarus
5. Slovakia
6. Hungaria
7. Kroasia
8. Polandia
9. Luxemburg
10. Amerika Serikat
10. Lithuania (peringkat sama dengan AS)
11. Bulgaria (peringkat ke-6 konsumsi alkohol dan 25,6% populasi obesitas)
12. Estonia (24.5% populasi obesitas, konsumsi alkohol 12,8 liter per tahun)
13. Belgia (peringkat ke-7 dalam konsumsi alkohol dan tembakau)
14. Kanada (30,1% populasi obesitas)
15. Lebanon (peringkat ke-3 konsumsi tembakau tertinggi)
16. Australia (konsumsi alkohol 11,2 liter per tahun, peringkat ke-17 konsumsi alkohol)
17. Yunani (lebih dari 25% populasi obesitas)
18. Rumania (warga Rumania menghisap 1.619 batang rokok per tahun)
19. United Kingdom (peringkat ke-19 konsumsi alkohol tertinggi)
20. Ukrania (peringkat ke-8 konsumsi alkohol, 12,8 liter per tahun)

Sementara itu, dikutip dari Independent, untuk wilayah dengan penduduk paling gemuk di dunia adalah Oseania, dengan 41% populasi di Samoa memiliki BMI lebih dari 30. Fiji, Tonga, Tuvalu dan Kiribati juga termasuk dalam daftar 10 besar negara dengan penduduk paling mengalami obesitas.

Lalu, negara mana yang dinobatkan sebagai negara paling sehat di dunia? Negara yang paling sehat adalah Afganistan, memiliki tingkat obesitas terendah kedua di dunia. Hanya 2,7% dari populasi memiliki BMI lebih dari 30.

Ditambah lagi, warga Afganistan hanya mengisap 83 batang rokok setahun dan minum alkohol paling sedikit. Hukum negara yang melarang konsumsi dan kepemilikan alkohol mungkin memengaruhi hal tersebut.

Selanjutnya, Guinea dinobatkan sebagai negara paling sehat kedua, diikuti oleh Niger dan Nepal, DR Kongo, yang tidak memiliki budaya minum alkohol seperti negara-negara di Eropa Timur. (KRj/***)