PADANG, SUMBAR, SriwijayaAktual.com - Presiden Republik Indonesia kelima Megawati Soekarnoputri akan menerima gelar Doktor Honoris Causa dalam bidang politik pendidikan dari Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat (Sumbar).

"Megawati berjasa dalam bidang pendidikan, salah satunya dengan mengeluarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dari sinilah kami memberikan gelar ini," kata Rektor UNP Ganefri di Padang, baru-baru ini.

Melalui sistem pendidikan nasional tersebut, sebutnya menghapus diskriminasi pendidikan antara sekolah negeri dengan swasta. Dalam aturan itu juga tercantum pengalokasian anggaran sebesar 20 persen dari APBN untuk pendidikan, tambahnya.

Pemberian gelar Doktor Honoris Causa itu dipromotori oleh Prof. Dr. Sufyarma M, M.Pd, Prof. Dr. Harris Effendi Thahar, M.Pd, Prof. Dasman Lanin, M.Pd, Ph.D dan Prof. Dr. Ahmad Fauzan, M.Pd. Sedangkan untuk tim kontributor terdiri dari Prof. Dr. Mestika Zed, MA dan Prof. Malik Fadjar.

Pemberian gelar kepada Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) itu akan dilaksanakan pada Rabu 27 September 2017 di UNP Padang.

Pemberian gelar ini direncanakan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, beberapa orang menteri Kabinet Kerja dan menteri di zaman Megawati Soekarnoputri.
"Rencananya Presiden akan ikut hadir pada acara pemberian gelar kehormatan ini," kata dia.

Sementara Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Hasto Kristiyanto mengatakan, jasa Megawati terhadap bangsa ini sangat besar salah satunya melalui sistem pendidikan nasional yang dikeluarkan pada saat itu.

"Ini merupakan gelar doktor kehormatan kelima yang akan diterima Megawati Soekarnoputri atas prestasi yang diraihnya dalam memimpin bangsa ini," katanya.

Megawati sebelumnya mendapatkan gelar doktor kehormatan dari berbagai universitas dari luar negeri, yakni Wasseda University Jepang, Moscow State Institute Rusia, MIT Ocean University Korea Selatan dan Universitas Padjajaran dalam bidang politik dan pemerintahan.

Setiap universitas tentu memiliki mekanisme berbeda dalam memberikan penghargan Doktor Honoris Causa kepada para tokoh-tokoh yang ada, salah satunya yang dipilih UNP adalah Megawati Soekarnoputri. (KRj/Okz)